Jumat 14 Jul 2023 04:05 WIB

Sembilan Waktu Mustajab untuk Berdoa, Salah Satunya di Hari Jumat

Berdoa dapat dilakukan dalam kondisi apapun, baik saat senang ataupun susah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
 Ilustrasi Berdoa. Sembilan Waktu Mustajab untuk Berdoa, Salah Satunya di Hari Jumat
Foto:

6. Pada Hari Arafah (Tanggal 9 Dzulhijjah)

Hari Arafah memang salah satu hari istimewa dalam Islam, karena pada hari itu Allah memberikan kemuliaan kepada hamba-Nya yang sedang berkumpul di Arafah di hadapan para malaikat-Nya. Rasulullah Saw bersabda,

"Tidak ada satu hari pun Allah memerdekakan hamba dari neraka lebih banyak daripada hari Arafah. Dan sesungguhnya Allah mendekat, kemudian Dia membanggakan mereka (para hamba-Nya yang sedang berkumpul di Arafah) kepada para malaikat. Dia berfirman, Apa yang dikehendaki oleh mereka ini?" (HR. Muslim)

BACA JUGA: Tata Cara Sholat Fardhu Lengkap, Muslim Wajib Tahu

Selain menjadi waktu mustajab untuk berdoa, di waktu ini juga dianjurkan untuk memperbanyak ibadah-ibadah sunnah, yaitu untuk menambah kebaikan, menggugurkan dosa-dosa, dan meninggikan derajat.

7. Pada Malam Lailatul Qadar

Telah diketahui malam lailatul qadar adalah malam yang lebih mulia dari 1.000 bulan. Malam ganjil yang diyakini datang di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan ini merupakan waktu yang diharapkan oleh kita semua. Karena apabila kita melakukan amal kebaikan pada malam itu, seolah-olah kita telah melakukan ibadah yang nilainya setara dengan 1.000 bulan atau 83 tahun.

Namun, kita tidak mengetahui secara pasti kapan malam Lailatul Qadar yang dimaksud, ada baiknya kita dengan ikhlas selalu berdoa dan melakukan amal shalih di setiap waktu sepanjang bulan Ramadhan.

Allah Swt berfirman, "Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu para malaikat turun, tak terkecuali malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh dengan kesejahteraan sampai terbitnya fajar." (QS. Al-Qadr: 3-4)

Karena kemuliaannya itu, maka malam lailatul qadar merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Aisya ra. pernah bertanya kepada Rasulullah Saw, "Wahai Rasulullah, apa petunjukmu bila aku mendapati malam (Lailatul) Qadar itu, apa yang harus aku ucapkan?" Rasulullah Saw menjawab, "Ucapkanlah (doa).”

8. Pada Hari Jumat

Menurut Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, hari Jumat adalah harinya ibadah. Jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya dalam sepekan, hari Jumat laksana bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya.

Begitu mustajabnya, hari Jumat juga sama seperti malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan. Hal ini menandakan hari Jumat merupakan hari yang mempunyai keistimewaan.

Rasulullah Saw bersabda, "Pada hari Jumat itu ada saat yang apabila kebetulan seorang muslim sholat sambil meminta sesuatu kepada Allah Swt, maka Allah akan memberi apapun yang ia minta." (HR. Bukhari dan Muslim)

9. Sesudah Sholat Malam

Bangun di malam hari kemudian melaksanakan sholat sunah Tahajud merupakan hal yang tersulit. Namun jika dilakukan, hal ini menjadi bukti bahwa kita sangat membutuhkan pertolongan Allah. Oleh sebab itu, setelah sholat malam yang dilanjutkan dengan berdoa, akan membawa nilai tersendiri bagi orang yang melakukannya.

Rasulullah Saw bersabda, "Tidaklah seseorang hamba tidur dalam keadaan suci lalu terbangun pada malam hari kemudian memohon sesuatu tentang urusan dunia atau akhirat, melainkan Allah akan mengabulkannya." (HR. Ibnu Majah)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement