Jumat 14 Jul 2023 04:05 WIB

Sembilan Waktu Mustajab untuk Berdoa, Salah Satunya di Hari Jumat

Berdoa dapat dilakukan dalam kondisi apapun, baik saat senang ataupun susah.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
 Ilustrasi Berdoa. Sembilan Waktu Mustajab untuk Berdoa, Salah Satunya di Hari Jumat
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi Berdoa. Sembilan Waktu Mustajab untuk Berdoa, Salah Satunya di Hari Jumat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Allah SWT memerintahkan seluruh hamba-Nya untuk berdoa dan mengharap hanya kepada-Nya. Sebagaimana Allah firmankan dalam Quran surat Al Baqarah ayat 186.

"Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku Kabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Hendaklah mereka itu memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku, agar mereka memperoleh kebenaran."

Baca Juga

BACA JUGA: Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu Lengkap dan Artinya

Berdoa dapat dilakukan dalam kondisi apapun, baik saat senang ataupun saat tertimpa musibah. Namun, seringkali kita bertanya-tanya, kapan sebenarnya waktu mustajab agar doa kita cepat dikabul Allah SWT.

 

Dikutip dari buku Kumpulan Doa Mustajab karya Deni Lesmana, pada dasarnya berdoa tidak mengenal waktu dan tempat. Kapan pun dan dimana pun kita bisa berdoa kepada Allah.

Namun terlepas dari itu, kita harus memperhatikan waktu-waktu yang mustajab dengan harapan doa kita akan terkabul. Berikut ini waktu yang mustajab untuk berdoa.

Sembilan Waktu Mustajab untuk Berdoa

1. Sepertiga Malam yang Akhir

Maksud sepertiga malam yang akhir adalah waktu malam hari mendekati waktu subuh atau di waktu sahur. Meskipun setiap orang mengalami kesulitan bangun di waktu ini, tetapi di waktu tersebut merupakan waktu yang tepat untuk membuktikan kedekatan seorang hamba kepada Rabb-nya. Selain itu, waktu ini pun merupakan waktu dibukanva pintu rahmat dan dikabulkannya doa, kepada siapa saja yang terbangun dan beribadah kepadanya-Nya.

Rasulullah Saw bersabda, "Sesungguhnya pada malam hari itu ada suatu waktu yang jika kebetulan seorang muslim berdoa meminta kebaikan dunia dan akhirat ketika itu, maka Allah akan mengabulkan doanya. Dan waktu yang mustajab itu ada terus setiap malam." (HR. Ahmad dan Muslim)

2. Setelah Sholat Maktubah (Sholat yang Diwajibkan)

Usai melaksanakan sholat wajib merupakan kondisi seorang hamba dekat dengan Tuhan-nya. Kondisi inilah yang menyebabkan berdoa selesai sholat merupakan salah satu waktu mustajab untuk berdoa. Allah Swt telah berfirman,

"Apabila kalian telah selesai mengerjakan sholat, berdzikirlah kepada Allah dalam keadaan berdiri, duduk, ataupun berbaring, di atas lambung-lambung kalian." (QS. An-Nisa: 103)

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah Saw pernah ditanya, "Wahai Rasulullah, kapankah doa yang paling didengar Allah?" Rasulullah Saw menjawab, "Doa di tengah malam dan doa setelah sholat fardhu."

Waktu mustajab berikutnya...

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement