Jumat 01 Mar 2024 12:08 WIB

Sering Dibaca di Hari Jumat, Ini Profil Surat Al Kahfi dan Kandungan Utamanya

Surat Al Kahfi mengandung beberapa cerita yang menjadi pelajaran bagi manusia.

Ilustrasi anak mengaji.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi anak mengaji.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Al-Kahfi sering dibaca umat Islam pada malam atau hari Jumat. Ini profil dan isi utama Surat Al-Kahfi yang perlu diketahui para pembacanya.

Surat Al-Kahfi terdiri dari 110 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyyah. Dinamai Al-Kahfi artinya 'Gua' dan 'Ashabul Kahfi' yang artinya 'Penghuni-Penghuni Gua'.

Baca Juga

Kedua nama ini diambil dari cerita yang terdapat dalam surat Al-Kahfi pada ayat 9 sampai dengan 26, tentang beberapa orang pemuda yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya. Selain cerita tersebut, terdapat pula beberapa buah cerita dalam surat ini, yang semuanya mengandung i'tibar dan pelajaran yang amat berguna bagi kehidupan manusia.

Banyak hadist-hadist Nabi Muhammad SAW yang menyatakan keutamaan membaca Surat Al Kahfi.

Pokok-Pokok Kandungan Surat Al Kahfi

1. Keimanan

Kekuasaan Allah SWT untuk memberi daya hidup pada manusia di luar hukum kebiasaan. Dasar-dasar Tauhid serta keadilan Allah SWT tidak berubah untuk selama-lamanya. Kalimat-kalimat Allah (ilmu-Nya) sangat luas sekali, meliputi segala sesuatu, sehingga manusia tidak mampu buat menulisnya. Kepastian datangnya hari berbangkit. Alquran adalah kitab suci yang isinya bersih dari kekacauan dan kepalsuan.

2. Hukum-hukum

Dasar hukum wakalah (berwakil). Larangan membangun tempat ibadah di atas kubur. Hukum membaca "Insya Allah" dan perbuatan salah yang dilakukan karena lupa adalah dimaafkan. Kebolehan merusak suatu barang untuk menghindarkan bahaya yang lebih besar.

Selanjutnya...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement