Jumat 01 Mar 2024 06:03 WIB

Nabi Muhammad SAW Ternyata tidak Sholat Dhuha Setiap Hari, Ini Haditsnya

Nabi Muhammad SAW tidak melakukan sholat dhuha secara teratur.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Rasulullah SAW.
Foto: republika
Rasulullah SAW.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam sebuah hadits riwayat Muslim, digambarkan mengenai apakah Nabi Muhammad SAW melaksanakan sholat dhuha setiap hari atau tidak.

Berikut hadits yang menggambarkan hal tersebut:

Baca Juga

عن عبد الله بن شَقيق، قال: قُلت لعائشة: هل كان النبي صلى الله عليه وسلم يُصلِّي الضُّحَى؟ قالت: «لا، إلا أن يَجِيء من مَغِيبِه».

Diriwayatkan dari Abdullah bin Syaqiq RA, dia bertanya kepada Aisyah RA, "Apakah Nabi SAW biasa melaksanakan sholat dhuha?" Aisyah RA menjawab, "Tidak, kecuali ketika beliau baru tiba setelah bepergian." (HR. Muslim)

Dalam hadits tersebut, Aisyah RA ditanya tentang sholat dhuhanya Rasulullah SAW. Lalu, Aisyah RA menjelaskan, Nabi Muhammad SAW tidak melaksanakan sholat kecuali saat beliau baru pulang setelah melakukan perjalanan.

Hal itu menunjukkan Rasulullah SAW memang melaksanakan sholat dhuha tetapi tidak secara teratur. Beliau SAW melaksanakan sholat dhuha dalam keadaan yang berbeda-beda, dan tidak melaksanakannya secara teratur atau setiap hari karena khawatir akan dianggap wajib oleh umat beliau.

Namun, tentu dibolehkan bagi setiap Muslim untuk melaksanakan sholat dhuha secara teratur atau setiap hari, karena keutamaan yang terdapat di dalam sholat dhuha sebagaimana hadits-hadits lain yang menyebutkan tentang hal tersebut.

Ada beberapa faedah yang dapat dipetik dari hadits tersebut...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement