Selasa 20 Jun 2023 21:52 WIB

Baca Doa Berikut Ini Ketika Basuh Kaki Kanan dan Kiri Saat Wudhu

Doa basuh kaki kanan dan kiri akan sempurnakan keutamaan wudhu

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
wudhu (ilustrasi). Doa basuh kaki kanan dan kiri akan sempurnakan keutamaan wudhu
Foto: Sayyid Azim/AP
wudhu (ilustrasi). Doa basuh kaki kanan dan kiri akan sempurnakan keutamaan wudhu

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Membasuh kedua kaki merupakan salah satu rukun dalam berwudhu. Seseorang yang berwudhu hendaknya membasuh kedua kakinya mulai dari yang bagian kanan terlebih dulu. 

Setelah itu beralih ke bagian kaki kiri. Juga membasuh kedua mata kaki yang kanan dan kiri. Dalam membasuh kedua kaki ini dilakukan dengan cara menyela-nyela jari kaki dengan jari kelingking tangan kiri. 

Baca Juga

Ini dilakukan secara berurutan dari jari kelingking kaki kanan hingga jadi kelingking kaki sebelah kiri. Caranya yakni dengan memasukan jari kelingking tangan ke bawah jari-jari kaki. 

Selain itu dianjurkan juga dalam membasuh kaki ini dilakukan sampai tengah-tengah betis dengan dilakukan utamanya sebanyak tiga kali.

Maka ketika membasuh kaki kanan dianjurkan membaca doa sebagai berikut:  

اللَّهُمَّ ثَبِّتْ قدمى عَلَى صِرَاطِكَ الْمُسْتَقِيمِ مَعَ أَقْدَمِ عِبَادِكَ الصَّالِحِينَ 

Allahumma Tsabit qodami 'ala shirototikal mustaqiymi ma'a aqdami 'ibaadikas shoolohiyna

Artinya: “Ya Allah, teguhkan kedua kakiku di atas Sirat Al Mustaqum bersama kaki para hamba-Mu yang saleh.” 

Ketika membasuh kaki kiri dianjurkan membaca doa sebagai berikut:  

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ تَزلَّ قَدَمِى عَلَى صِرَاطٍ فِى النَّارِ يَوْمَ تُزَلُّ الْأَقْدَامُ الْمُنَافِقِينَ وَ الْمُشْرِكِينَ

Allahumma inny a'udzubika an tazilla qodami 'ala shiroti fi nari yauma tazillul aqdamul munafiqiyna wal musyrikiyna

Baca juga: Mengapa Tuyul Bisa Leluasa Masuk Rumah? Ini Beberapa Penyebabnya

 

 

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari tergelincirnya kakiku di atas Shiratal Mustaqim ke dalam neraka, pada hari tergelincirnya orang munafik dan musyrikin

Keterangan ini sebagaimana dijelaskan Imam al-Ghazali dalam kitab Bidayat al-Hidayah: 

ثم اغسل رجلك اليمنى ، ثم اليسرى مع الكعبين. وخلل بخنصر اليد اليسرى أصابع رجلك اليمنى مبتدءا من خنصرها حتى تختم بخنصر اليسرى، وتدخل الإصبع من أسفل، وقل: اللهم ثبت قدمى على صراطك المستقيم مع أقدم عبادك الصالحين وكذلك تغسل اليسرى ونقول  اللهم إنى أعوذ بك أن تزل قدمى على صراط فى النار يوم تزل الأقدام المنافقين و المشركين  وافع الماء إلى أنصاف الساقين وراع التكرار (ثلاثا) في جميع أفعالك

Artinya: “Kemudian basuhlah kakimu yang kanan lalu kakimu yang kiri serta kedua mata kaki. Dan menyela-nyela jari-jari kaki dengan jari kelingking tangan kiri, dengan dimulai jari kelingking kaki sebelah kanan sampai jari kelingking sebelah kiri. (Caranya) memasukkan jari-jari kelingking dari bawah jari-jari kaki. Ketika membasuh kaki kanan baca doa: Allahumma Tsabit qodami 'ala shirototikal mustaqiymi ma'a aqdami 'ibaadikas shoolohiyna.

Demikian pula ketika engkau membasuh kaki kiri bacalah doa: Allahumma inny a'udzubika an tazilla qodami 'ala shiroti fi nari yauma tazillul aqdamul munafiqiyna wal musyrikiyna. Dan mengangkat air hingga ke tengah-tengah betis dan memperhatikan mengulangi basuhan tiga kali dalam semua yang dilakukan.    

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement