Sabtu 17 Jun 2023 23:30 WIB

Doa Mengusap Kedua Telinga Ketika Berwudhu dan Artinya Penuh Makna

Wudhu merupakan syarat sah dalam beribadah seperti sholat

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Wudhu (ilustrasi).  Wudhu merupakan syarat sah dalam beribadah seperti sholat
Foto: Tahta Aidilla/Republika
Wudhu (ilustrasi). Wudhu merupakan syarat sah dalam beribadah seperti sholat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Mengusap kedua telinga termasuk dalam sunah berwudhu. Sehingga seseorang yang mengerjakannya akan mendapat pahala keutamaan sunah berwudhu, sedang bila tidak melakukannya maka wudhunya tetap sah.

Dalam mengusap kedua telinga ini dilakukan pada seluruh  bagian luar dan dalam kedua telinga dengan menggunakan air yang baru. Praktiknya adalah dengan dengan cara memasukkan kedua jari telunjuk tangan ke dalam lubang telinga dan melakukannya pada lekukan-lekukan telinga, sedangkan ibu jari dijalankan pada bagian luar telinga.

Baca Juga

Setelah itu kedua telapak tangan yang dalam keadaan basah dilekatkan pada kedua telinga. Maka setelah membasuh kedua telinga dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِن الَّذِينَ يَسْتَمِعُونَ الْقَوْلَ فَيَتَّبِعُونَ أَحْسَنَهُ. اللَّهُمَّ أَسْمِعْنِي مُنَادِيَ الْجَنَّةِ مَعَ الْأَبْرَارِ

Allahummaj 'alniy minaladzina yastani'unal qoula fatattabi'uuna ahsanahu. Allahumma asmi'niy munaadiyal Jannati ma'al abroori

Artinya: "Ya Allah, jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang mau mendengar ucapan nasehat, lalu mengikuti yang terbaik dari ucapan tersebut. Ya Allah perdengarkanlah aku malaikat yang menyerukan panggilan masuk di surga bersama orang-orang yang baik."

Setelahnya, dianjurkan untuk mengusap leher belakang dan membaca doa sebagai berikut:

اللَّهُمَّ فَكَّ رَقَبَتِي مِن النَّارِ، وَأَعُوذ بِكَ مِن السَّلَاسِلِ وَالْأَغْلَال

Allahumma fakka roqobatiy minannari wa a'udzu Bika minas salaasili wal aghla

Artinya: “Ya Allah, bebaskanlah leherku dari sentuhan api neraka dan aku berlindung kepada-Mu dari rantai dan belenggu api neraka.

Baca juga: Mengapa Tuyul Bisa Leluasa Masuk Rumah? Ini Beberapa Penyebabnya

 

Keterangan ini sebagaimana dijelaskan dalam kitab Bidayat al-Hidayah karya Imam Al Ghazali: 

ثم امسح أذنيك ظاهرهما وباطنهما بماء جديد. وأدخل مسبحتيك في صماخي أذنيك، وامسح ظاهر أذنيك بباطن إبهاميك.  وقل: اللهم اجعلني من الذين يستمعون القول فيتبعون أحسنه. اللهم أسمعني منادي الجنة مع الأبرار. ثم امسح رقبتك ، وقل : اللهم فك رقبتي من النار، وأعوذ بك من السلاسل والأغلال

Artinya: "Kemudian usaplah kedua telingamu. Bagian dzohirnya dua telinga (bagian luar) dan bagian dalamnya dua telinga yaitu dengan air yang baru. Dan masukan jari telunjukmu ke dalam dua lubang telinga. Lalu usaplah bagian luar daun telingamu dengan ibu jari. Dan bacalah doa: Allahummaj 'alniy minaladzina yastani'unal qoula fatattabi'uuna ahsanahu. Allahumma asmi'niy munaadiyal Jannati ma'al abroori. Kemudian usaplah lehermu yang belakang dengan membaca doa: Allahumma fakka roqobatiy minannari wa a'udzu Bika minas salaasili wal aghlal."  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement