Jumat 16 Jun 2023 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Istiqamah dalam Kebaikan

Istiqamah dalam kebaikan perlu diupayakan.

Naskah Khutbah Jumat: Istiqamah dalam Kebaikan
Foto:

Sidang Jama’ah Jumat Rahimakumullah!

Pada sidang yang mulia ini khatib mengusung tema ‘Istiqomah dalam Kebaikan’. Adapun yang menjadi landasannya QS. Fushshilat [41]: 6

قُلْ إِنَّمَا أَنَا بَشَرٌ مِثْلُكُمْ يُوحَى إِلَيَّ أَنَّمَا إِلَهُكُمْ إِلَهٌ وَاحِدٌ فَاسْتَقِيمُوا إِلَيْهِ وَاسْتَغْفِرُوهُ وَوَيْلٌ لِلْمُشْرِكِينَ

“Katakanlah (Muhammad), “Sesungguhnya aku ini hanyalah seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku bahwa Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu Istiqamahlah kamu (beribadah) kepada-Nya dan mohonlah ampunan kepada-Nya. Dan celakalah bagi orang-orang yang mempersekutukan-Nya.

Dalam ayat di atas dijelaskan dengan sangat terang bahwa kata Istiqamah dilekatkan setelah kalimat ajakan untuk Mentauhid-kan atau penanaman nilai-nilai tauhid. Hal ini berarti Istiqamah menjadi sangat penting dalam Ad-Din (agama) ini. Kalau kita lihat sejarah nubuwwah dalam periode dakwah Rasulullah di Makkah, dibutuhkan waktu 13 tahun dalam penanaman nilai-nilai tauhid. Lebih lama dari periode Madinah yang hanya 10 tahun. Dalam artian lain, Istiqamah dalam menyakini dan memantapkan ke-tauhid-an menjadi paling pokok sebelum masuk ke fase berikutnya.

Sidang Jama’ah Jum’at Rahimakumullah!

Dalam hadits Rasullah saw tentang Istiqamah dapat kita simak Sabda beliau:

عَنْ أَبِي عَمْرٍو وَقِيلَ: أَبِي عَمْرَةَ سُفْيَانَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: “قُلْت: يَا رَسُولَ اللَّهِ! قُلْ لِي فِي الْإِسْلَامِ قَوْلًا لَا أَسْأَلُ عَنْهُ أَحَدًا غَيْرَك؛ قَالَ: قُلْ: آمَنْت بِاَللَّهِ ثُمَّ اسْتَقِمْ.

Dari Abu ‘Amr –ada yang mengatakan Abu ‘Amrah- Sufyan bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma dia berkata: Aku berkata: ”Ya Rasulullah, beritahukan kepadaku satu perkataan dalam Islam, yang aku tidak akan bertanya lagi kepada kepada seorangpun selain engkau.” Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Katakanlah: “Aku beriman kepada Allah”, kemudian istiqamahlah.”(HR. Muslim).

Hadits Rasulullah saw di atas sungguh sangat jelas dan terang bahwa Istiqamah dalam kebaikan sangat penting dan mendasar. Saking pentingnya perintah beriman kepada Allah disandingkan dengan kata Istiqamah.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/06/08/istikamah-dalam-kebaikan/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement