Jumat 16 Jun 2023 04:05 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Istiqamah dalam Kebaikan

Istiqamah dalam kebaikan perlu diupayakan.

Naskah Khutbah Jumat: Istiqamah dalam Kebaikan
Foto: EPA-EFE/FAROOQ KHAN
Naskah Khutbah Jumat: Istiqamah dalam Kebaikan

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Syaifullah, Dosen Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Adab dan Bahasa UIN Raden Mas Said Surakarta

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ أَكْرَمَ مَنْ اِتَّقَى بِمَحَبَّتِهِ وَأَوْعَدَ مَنْ خَالَفَهُ بِغَضَبِهِ وَعَذَابِهِ، أَشْهَدُ أَنْ لَا اِلَهَ اِلَّا الله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، أَرْسَلَهُ بِالْهُدَى وَالدِّيْنِ الْحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ،اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى حَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ أَعْيُنِنَا مُحَمَّدٍ رَسُوْلِ الله وَخَيْرِ خَلْقِهِ، وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ جَاهَدُوْا فِيْ سَبِيْلِهِ، أَمَّا بَعْدُ، فَيَا اَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ، اِتَّقُوْا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَاتَمُوْتُنَّ اِلَّا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُوْنَ.

Baca Juga

Segala puji hanyalah milik Allah yang menggenggam setiap kejadian. Maha Mengetahui segala apa yang ada di dalam hati, Dia tidak pernah tidur, Dia Maha menyaksikan apapun tingkah laku dan perbuatan bahkan di tengah malam yang pekat, Allah maha tahu seekor semut kecil berwarna hitam merayap. Tiada satupun kejadian yang luput dari pandangan Allah Azza Wa Jalla.

Alangkah beruntungnya bagi siapa yang menginsafi diri bahwa setiap perkataan, perbuatan bahkan segala yang terlintas dalam hati, Allah Maha Tahu. Semoga ini menjadi pengingat diri selaku hamba harus senantiasa berada dalam jalan-Nya seperti apa yang termaktub dalam firmanNya dan juga Sunnah Rasul-Nya.

Dan semoga Allah senantiasa menjadikan kita hamba yang Istiqamah dalam kebaikan. Hamba yang senantiasa gigih memperbaiki diri, tiada lelah walau kadang terjatuh, terjembab dalam lubang kesalahan tapi kembali bangkit untuk Istiqamah dalam memperbaiki diri. Sungguh beruntunglah orang-orang yang seperti itu. Setiap hari makin bertambah ilmunya, bertambah kualitas amalannya dan semakin tawadhu, sekali lagi semoga kita senantiasa digolongkan ke dalam mukmin yang Istiqamah, Aamiin Allahumma Aamiin.

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai uswatun hasanah sebaik-baiknya contoh dalam menjalani hidup dan kehidupan dengan lafazh Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad.

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/06/08/istikamah-dalam-kebaikan/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement