Selasa 09 May 2023 19:40 WIB

Sampai Berapa Lama Alquran Diturunkan Secara Lengkap?

Alquran diturunkan secara bertahap.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Sampai Berapa Lama Alquran Diturunkan Secara Lengkap? Foto: Infografis Alquran
Foto: Republika.co.id
Sampai Berapa Lama Alquran Diturunkan Secara Lengkap? Foto: Infografis Alquran

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA – Wahyu Alquran yang Allah turunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad diturunkan secara berangsur-angsur. Berapa lama kiranya Alquran diturunkan hingga paripurna atau lengkap?

Ahli Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Mukjizat Alquran menjelaskan, ayat-ayat Alquran diturunkan sedikit demi sedikit. Yakni selama 22 tahun dua bulan dan 22 hari. Terkadang yang turun belasan ayat, terkadang pula hanya beberapa ayat, bahkan pernah hanya satu ayat.

Baca Juga

Namun berapapun ayat yang turun, Rasulullah SAW selalu menyampaikan kepada penulis-penulis wahyu berdasarkan petunjuk Allah yang disampaikan oleh malaikat Jibril. Bahwa ayat yang baru saja diterimanya merupakan lanjutan dari ayat A yang sebelumnya telah turun, atau ayat tersebut merupakan awal dari suatu surah dan lanjutannya belum turun.

Dari sanalah terlihat bahwa penyusunan ayat-ayat Alquran sebagaimana terlihat sekarang tidak didasarkan pada masa atau tahapan turunnya. Melainkan disusun oleh Allah berdasarkan pertimbangan-Nya atau lebih tepat dikatakan, kata Prof Quraish, berdasarkan keserasian hubungan ayat-ayat dan surahnya.

Prof Quraish menjelaskan, hingga kini umat Islam tidak memperoleh penjelasan dari Nabi Muhammad SAW tentang pertimbangan peletakan ayat demi ayat. Namun diyakini bahwa pasti ada hikmah di balik itu.

 

I

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement