Kamis 04 May 2023 01:52 WIB

Doa Mohon Kebaikan pada Lisan dan Hati 

Doa kebaikan pada lisan dan hati bersumber dari hadits nabi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa Mohon Kebaikan pada Lisan dan Hati. Foto:   Warga berdoa bersama usai melaksanakan shalat berjamaah di rumah. (ilustrasi)
Foto: Anadolu Agency
Doa Mohon Kebaikan pada Lisan dan Hati. Foto: Warga berdoa bersama usai melaksanakan shalat berjamaah di rumah. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selamanya insan terletak pada lisan dan hatinya. Ketika seseorang itu mampu menggunakan lisannya untuk menyampaikan perkataan-perkataan yang baik dan hikmah, menyampaikan kejujuran, kebenaran dan menjauhi dari perkataan-perkataan yang buruk dan sia-sia, maka sudah pasti akan selamat di dunia dan akhirat. 

Begitupun dengan orang yang dapat menjaga hatinya agar senantiasa berada pada jalan yang lurus yakni hati yang baik sangka (husnudzan), hati yang senantiasa berzikir, hati yang memiliki empati dan belas kasih, serta jauh dari penyakit-penyakit hati seperti sombong, riya', takabur, dengki, dendam, hasud, dan lainnya maka pasti orang itu juga akan selamat. 

Baca Juga

Maka dari itu sangat penting berdoa kepada Allah memohon agar lisan dan hati kita senantiasa berada dalam kebaikan dan terhindar dari setiap kejelekan. Berikut doa agar lisan dan hati senantiasa berada dalam kebaikan. Doa ini terdapat dalam hadits nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad, Imam Tirmidzi, Imam Nasa'i dan lainnya. 

اللَّهُمَّ انْى أَسْأَلُكَ بَيَانًا صَادِقًا وَقَلْبًا سَلِيمًا. وَاعُوذْ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا تَعْلَمُ وَأَسْأَلُك مِنْ خَيْرِ مَا تَعْلَمُ، وَأَسْتَغْفِرُكَ مِمَّا تَعْلَمُ إِنَّكَ أَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوبِ

Allahumma Ibnu asaluka bayaanan shodiqon wa qolban saliyman, wa audzubika min syariat maa ta'lamibwa asaluka min Khoiri maa ta'lamu, wa astaghfiruka mimma ta'lamu innaka anta 'alamul ghuyuub.

Ya Allah, aku memohon kepadaMu lisan yang jujur dan hati yang lurus. Aku berlindung kepadaMu dari kejelekan yang Engkau ketahui, dan aku memohon kepadaMu kebaikan yang Engkau ketahui, serta aku memohon kepadaMu curahan ampunan dari segala dosa yang Engkau ketahui. Sebab hanya Engkaulah Yang Maha Mengetahui segala yang ghaib. 

 

 

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement