Kamis 27 Apr 2023 13:57 WIB

Doa Mohon Kebaikan Ini Merangkum Doa-Doa Nabi Muhammad 

Doa ini diajarkan Nabi Muhammad kepada para sahabatnya.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Doa Mohon Kebaikan Ini Merangkum Doa-Doa Nabi Muhammad. Foto:  Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika
Doa Mohon Kebaikan Ini Merangkum Doa-Doa Nabi Muhammad. Foto: Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --Banyak doa yang pernah dipanjatkan oleh nabi Muhammad SAW yang dapat ditemukan dalam kitab-kitab hadits. Sudah pasti doa yang diajarkan nabi Muhammad SAW itu mengandung kebaikan-kebaikan baik untuk tiap individu maupun seluruh Muslim di dunia dan akhirat. 

Tapi adakah doa yang dapat meringkas doa-doa yang pernah dibaca nabi Muhammad SAW terlebih dalam meminta perlindungan kepada Allah SWT? Dalam hadits yang diriwayatkan melalui jalur Abu Umamah, Rasulullah mengajarkan sebuah doa yang isinya meringkas doa-doa yang pernah dipanjatkannya. Berikut doanya: 

Baca Juga

اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ مِنْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَنَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا اسْتَعَاذَ مِنْهُ نَبِيُّكَ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَنْتَ الْمُسْتَعَانُ وَعَلَيْكَ الْبَلَاغُ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّه

Allahumma Ibnu nasaluka min Khoiri maa saalaka minhu nabiyyuka Muhammad shollallahu 'alaihi wa sllama wa na'uudzu buka min syariat Maas ta'aadza minhu nabiyyuka Muhammad shollallahu 'alaihi wa sllama wa antal musta'aanj wa 'alaikal balaaghu wa laa haula wa laa quwata Illa billah

Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu sebaik-baik apa yang pernah diminta oleh nabi-Mu Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, dan kami berlindung kepadaMu dari marabahaya yang Nabi-Mu Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam pernah berlindung kepada-Mu darinya, Engkaulah tempat meminta pertolongan dan Engkau pula yang menyampaikan, tiada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan-Mu.

Jadi doa ini diajarkan nabi pada para sahabat bermula ketika para sahabat mendapati nabi tengah berdoa yang doanya itu sangat panjang. Sehingga para sahabat pun tidak dapat menghafalnya seketika. Alhasil sahabat pun berkata pada nabi dan menyampaikan bahwa mereka tak dapat menghafal doa yang dipanjatkan nabi karena begitu panjangnya. Lalu nabi pun mengajari doa seperti di atas sebagai doa yang dapat mencakup semua doa nabi Muhammad SAW. 

 

 

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement