Jumat 23 Dec 2022 05:13 WIB

Naskah Khutbah Jumat: Tiga Jebakan Dunia

Harta merupakan salah satu ujian yang terdahsyat bagi manusia.

Naskah Khutbah Jumat: Tiga Jebakan Dunia
Foto:

Jamaah Jum’ah yang berbahagia

Di antara ujian yang diberikan oleh Allah SwT untuk umat manusia yaitu adanya bermacam-macam fitnah, yang paling sering membuat anak manusia tergelincir di antaranya ada tiga, yaitu: harta, takhta dan wanita. Jamak kita temui insan yang awalnya shalih, pada akhirnya berbalik dari keimanannya karena terlena dengan fitnah tersebut.

Pertama, fitnah Harta. Harta merupakan salah satu ujian yang terdahsyat bagi manusia. Bahkan ada muslim yang awalnya taat pun terpaksa harus lepas dari keimannya karena menjadi tawanan harta. Rasulullah saw bersabda,

إِنَّ لِكُلِّ أُمَّةٍ فِتْنَةً، وَفِتْنَةُ أُمَّتِي الْمَالُ

“Sesungguhnya setiap umat itu mendapat ujian, dan ujian pada umatku adalah harta.” (HR. At-Tirmizi, Sahih menurut al-Albani)

Sebagai muslim kita harus merenungkan kembali wasiat Rasulullah saw yang dahulu beliau nasihatkan kepada para sahabat saat Abu Ubaidah bin Jarrah datang dari Bahrain dengan membawa upeti, “Bergembiralah dan harapkanlah apa-apa yang akan menyenangkan kalian. Maka demi Allah! Bukan kemiskinan yang aku khawatirkan atas kalian. Akan tetapi aku khawatir akan dibentangkan dunia atas kalian sebagaimana telah dibentangkan atas orang-orang sebelum kalian. Lalu kalian pun berlomba-lomba padanya sebagaimana mereka berlomba-lomba padanya. Kemudian dunia itu akan menghancurkan kalian sebagaimana telah menghancurkan mereka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Menjadi muslim yang kaya itu penting. Sebab dengan harta dan kekayaan banyak ibadah dan amal saleh yang bisa kita lakukan. Seperti bersedekah, berinfaq, berhaji. Bukan sebaliknya, kita menjadi budak harta sehingga berlomba-lomba mengumpulkannya, cenderung menghalalkan segala cara, dan dengan harta justru membuat kita menjadi orang yang bakhil, pelit.

Baca juga : Rekomendasi Hasil Kongres Muslimah Indonesia Ke-3

sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2022/12/16/tiga-jebakan-dunia/
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement