Doa Orang Tua untuk Anak yang Masih dalam Kandungan 

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah

 Senin 23 May 2022 00:19 WIB

Ilustrasi orang tua bisa doakan anak yang masih dalam kandungan. Doa yang dibacakan orang tua untuk anak salah satu doa yang mustajab Foto: Pixabay Ilustrasi orang tua bisa doakan anak yang masih dalam kandungan. Doa yang dibacakan orang tua untuk anak salah satu doa yang mustajab

Doa yang dibacakan orang tua untuk anak salah satu doa yang mustajab

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Salah satu ciri adab bagi seorang Muslim dengan Muslim lainnya adalah saling mendoakan dalam kebaikan. Terlebih apabila doa itu dihaturkan dengan harapan keselamatan dan kebaikan kepada anggota keluarga.  

Baik orang tua maupun anak di dalam Islam mempunyai ikatan yang diatur dalam syariat. Maka terdapat hak dan kewajiban dalam ikatan tersebut. 

Baca Juga

Namun demikian, mendoakan antara orang tua dengan anak bisa juga dilakukan karena dorongan kasih sayang. 

Doa yang dibacakan orang tua untuk anaknya merupakan salah satu doa yang mustajab, atau dikabulkan Allah SWT, meski masih dalam kandungan. 

Dr dr Imam Rasjidi, SpOG dalam buku Panduan Kehamilan Muslimah menuliskan sebuah doa orang tua untuk anak berupa doa kebaikan, kemanfaatan ilmu, hingga keberkahan rezeki. Redaksinya sebagai berikut: 

 اَللهم اجْعَلْ اَوْلَادِي مِنْ اَهْلِ الْعِلْمِ وَاَهْلِ الْخَيْرِ وَلَا تَجْعَلْهُمْ مِنْ اَهْلِ السُّوْءِ وَاَهْلِ الضَّيْرِ وَارْزُقْنِيْ وَإِيَّاهُمْ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَخُلُقًا حَسَنًا وَتَوْفِيْقًا للطَّاعَةِ وَفَهْمًا النَّبِيِّيْنَ  

"Allahumma'jalni wa awladi wa dzurriyati min ahlil-ilmi wa ahlil-khiar wa laa taj'alni iyya hum min ahlissu-i wa ahliddhairi warzuqni wa iyyahum ilman naafi'an wa rizqan waa'sian wa khuluqan hasanan wattaufiqa lithaa'ati wa fahmanannabiyyina."  

Yang artinya, "Wahai Tuhanku, jadikanlah aku, anak-anakku, dan keluargaku termasuk dari golongan orang yang berilmu dan golongan orang yang baik. Dan janganlah Engkau jadikan aku dan mereka dari golongan orang yang jahat dan orang yang membuat mudharat. Berilah rezeki kepadaku dan kepada mereka berupa ilmu yang bermanfaat, rezeki yang lapang, budi pekerti yang baik, serta pertolongan untuk taat dan kepahaman kepada Nabi,". 

Seorang anak yang baru terlahir ke dunia pun tidak luput dari doa dan harapan orang tuanya. Bahkan di dalam Islam, setelah bayi lahir agama menganjurkan untuk melantunkan adzan ke telinga kanan bayi dan melantunkan iqomat ke telinga kiri agar indra pendengaran si bayi sudah tertanam suara kalimat tauhid. Diharapkan pula bayi dapat selama dari bisikan jin dan manusia yang hendak merusak akidahnya.   

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini