Selasa 17 Sep 2024 12:57 WIB

Unta Masuk ke Lubang Jarum dalam Ayat Quran Gambarkan Black Hole, Ini Penjelasannya

Fenomena tersebut bisa terjadi di ruang angkasa dimana terdapat black hole.

Unta (ilustrasi).
Foto: dok needpix
Unta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagai salah satu mukjizat yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad, ayat-ayat Alquran wajib untuk diimani umat Islam. Diantara ayat-ayat suci tersebut, tertera begitu banyak misteri Ilahi yang bisa direnungkan bahkan dengan kacamata sains. Salah satunya yakni pada Surah Al-A'raf ayat 40. Allah SWT berfirman:

 اِنَّ الَّذِيْنَ كَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَا وَاسْتَكْبَرُوْا عَنْهَا لَا تُفَتَّحُ لَهُمْ اَبْوَابُ السَّمَاۤءِ وَلَا يَدْخُلُوْنَ الْجَنَّةَ حَتّٰى يَلِجَ الْجَمَلُ فِيْ سَمِّ الْخِيَاطِ ۗ وَكَذٰلِكَ نَجْزِى الْمُجْرِمِيْنَ

Baca Juga

Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan dan sombong kepada ayat-ayat Kami, tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit. Dan mereka tidak akan masuk surga sampai unta bisa masuk ke lubang jarum. Dan begitulah balasan untuk orang-orang yang terkutuk (QS Al- A'araf:40).

Secara umum, ayat di atas ditafsirkan sebagai ungkapan untuk menggambarkan jika orang kafir dan sombong tidak mungkin masuk surga. Hal tersebut sebagaimana mustahilnya unta masuk ke dalam lubang jarum.

Hanya saja, ungkapan tersebut ditafsirkan berbeda dari kacamata sains. Bambang Pranggono dalam Percikan Sains dalam Alquran mengungkapkan, seekor unta tidak mustahil masuk lubang jarum. Fenomena tersebut bisa terjadi di ruang angkasa dimana terdapat black hole yang merupakan objek kosmik misterius dengan konsentrasi materi sangat besar dikemas dalam ruang yang amat kecil, dikutip dari laman nasa.gov.

Dia menukil pakar astrofisika Karl Schawrschild yang menyatakan jika black hole (lubang hitam) di ruang angkasa merupakan objek aneh yang dibungkus oleh sesuatu yang disebut sebagai event-horizon. Apapun yang masuk melintasi batas tersebut akan meluncur ke dalam dan tidak akan bisa kembali.

photo
Blackhole. Ilustrasi - (Foxnews)

Timothy Ferrys justru menjelaskan, semakin mendekati dasar lubang, gravitasi akan semakin kuat menyedot. Dahsyatnya bisa diumpamakan apabila kaki yang masuk duluan, maka kepala akan tertinggal. Karena itu, seekor unta yang masuk ke dalam lubang hitam akan terulur menjadi sebesar benang sehingga bisa masuk ke lubang jarum. Penggambaran Timothy mirip seperti yang tertera dalam Surah Al-Anfal ayat 40.

Para ahli menyebut lubang hitam sebagai gerbang tempat masuk. Persis istilah Alquran dalam ayat di atas, “abwabus sama’i”, pintu gerbang langit. Di dasar lubang hitam, ruang dan waktu berhenti menjadi singularitas, persis sebagaimana pernyataan Surah Yasin ayat 64 yang mengatakan, Bila Kami kehendaki tentu akan Kami jadikan mereka tetap terpaku ditempatnya, tidak bisa maju tidak bisa mundur.

Menurut Bambang Pranggono, black hole adalah bintang yang setelah proses thermonuklirnya padam, runtuh ke dalam karena kekuatan gravitasinya sendiri sehingga cahaya pun tersedot. Dia tidak bisa memancar keluar maka menjadi gelap dan hitam. Menurut Martin Rees, dalam Our Cosmic Habitat, ruang angkasa dilubangi oleh lubang hitam tersebut.

Istilah ini persis dengan isyarat Alquran dalam QS At-Thariq ayat 1-3. "Demi langit dan yang datang pada malam hari, tahukah kamu apakah yang datang pada malam hari itu? (yaitu) bintang yang cahayanya melubangi”

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement