Kamis 06 Jun 2024 14:30 WIB

Zikir dan Doa saat Terbangun di Tengah Malam

Bila terbangun di tengah malam, bacalah doa dan zikir ini.

ILUSTRASI Zikir dan doa.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
ILUSTRASI Zikir dan doa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika terbangun di tengah malam, seorang Muslim dapat mengisi saat-saat itu dengan berzikir dan memanjatkan doa kepada Allah. Alih-alih langsung kembali tidur, dua amalan tersebut lebih baik karena terdapat keutamaan di dalamnya.

Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan redaksi zikir dan doa yang dapat dibaca oleh umat Islam. Bacaan ini disebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan dari seorang sahabat Nabi, Ubadah bin Shamit radhiyallahu ’anhu.

Baca Juga

Berikut teks zikir dan doa yang dimaksud.

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، الحَمْدُ لِلَّهِ، وَسُبْحَانَ اللَّهِ، وَلاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ، وَاللَّهُ أَكْبَرُ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

 

Lâ ilâha illallôhu wahdahu lâ syarîka lah, lahul mulku wa lahul hamdu, wa huwa ‘alâ kulli syai’in Qodîr. Alhamdulillâh, wa subhânallôh, wa lâ ilâha illallôh, wallôhu akbar, wa lâ haula wa lâ quwwata illâ billâh.

Dari Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa terjaga di malam hari, lalu ia membaca, 'Tidak ada yang berhak disembah kecuali hanya Allah, tidak ada sekutu bagi-Nya. Hanya milik-Nya segala kekuasaan dan pujian. Dia pula yang mampu melakukan segala sesuatu. Segala pujian untuk Allah. Maha suci Allah. Tidak ada yang berhak disembah kecuali Allah. Allah Maha Besar. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dari Allah.'

Lalu setelah itu, ia mengucapkan, 'Ya Allah, ampunilah aku' atau ia berdoa; niscaya doanya akan dikabulkan. Kemudian, jika ia melanjutkannya dengan berwudhu dan shalat; niscaya shalatnya akan diterima" (HR Bukhari no 1154).

Mempraktikkan doa dan zikir ini dapat menjadi salah satu upaya kaum Muslimin untuk membiasakan lisan dan hati menyebut nama Allah dan mengingat-Nya. Walaupun dalam momen yang jarang sekali orang mengingat-Nya, yaitu ketika terjaga di tengah malam, berbagai keutamaan terdapat dalam waktu tersebut.

Hadis di atas juga mengisyaratkan, zikir dan doa sebagai amalan yang seyogianya dilakukan oleh seorang Mukmin pada waktu malam. Kalaupun belum mampu untuk melanjutkan dengan mendirikan shalat tahajud, maka minimal bacalah zikir tersebut. Semoga lama kelamaan dengan itu diri kita mampu untuk terbiasa bangun malam dan bertahajud.

Rasulullah SAW bersabda, “Shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah qiyamul lail (shalat malam)" (HR Muslim).

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement