Ahad 12 May 2024 06:47 WIB

Empat Jalan Rezeki Sebagaimana Dijelaskan dalam Alquran

Rezeki itu kuasa Allah.

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi nelayan menangkap ikan sebagai upaya mendapatkan rezeki.
Foto:

Ketiga, rezeki dari menikah

Menikah bukan hanya tentang kebahagiaan pribadi, tetapi juga tentang menciptakan fondasi keluarga yang stabil, yang pada gilirannya dapat menjadi sumber keberkahan dan rezeki.

Allah berfirman dalam Surat An-Nur ayat 32, yang berbunyi: 

وَأَنكِحُوا۟ ٱلْأَيَٰمَىٰ مِنكُمْ وَٱلصَّٰلِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَآئِكُمْ ۚ إِن يَكُونُوا۟ فُقَرَآءَ يُغْنِهِمُ ٱللَّهُ مِن فَضْلِهِۦ ۗ وَٱللَّهُ وَٰسِعٌ عَلِيمٌ

Kawinkanlah orang-orang yang sendirian diantara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahaya yang lelaki dan hamba-hamba sahaya yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Nur: 32). 

Allah memerintahkan umat Muslim untuk menikah bagi mereka yang belum menikah di antara hamba sahaya dan wanita-wanita yang beriman, yang memenuhi hak-hak mereka dengan penuh takwa dan kebaikan, asalkan mampu memberikan mahar dan nafkah yang layak.  

Jika calon pasangan itu dalam keadaan miskin, yakinlah bahwa Allah akan memberikan mereka kekayaan dan kemuliaan-Nya sebagai karunia. 

Barangsiapa yang menikah, akan diberkati Allah dengan kelapangan jiwa dan keberkahan harta yang melimpah.

Keempat, rezeki karena bersyukur 

Bersyukur merupakan kunci utama untuk mendapatkan berkah rezeki. Ketika seseorang bersyukur atas apa yang telah diberikan kepadanya, ia menciptakan suasana hati yang positif dan penuh rasa syukur.

Hal ini membuka pintu rezeki yang lebih luas karena Allah SWT berjanji untuk memberikan lebih banyak kepada orang-orang yang bersyukur. 

Dengan bersyukur, seseorang juga menjadi lebih sadar akan nikmat-nikmat kecil yang sering terabaikan, sehingga membuatnya lebih berlimpah dalam menerima rezeki yang diberikan.

Dalam Surat Ibrahim, Allah menjanjikan kepada setiap umat Muslim untuk selalu bersyukur agar mendapatkan rezeki dari Allah SWT.  

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ

(ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim: 7). 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement