Selasa 25 Jun 2024 18:54 WIB

Doa Minta Diberikan Segala Kebaikan Ini Diajarkan Rasulullah SAW untuk Aisyah

Doa memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya

Ilustrasi berdoa. Doa memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Ilustrasi berdoa. Doa memiliki banyak keutamaan bagi yang membacanya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Rasulullah SAW adalah sebaik-baik kepala keluarga dan rumah tangga. Dalam berbagai kesempatan Rasulullah SAW mengajarkan Islam dan amalannya untuk kehidupan sehari-hari, termasuk doa.

Di antaranya juga adalah doa yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha. Doa tersebut secara umum adalah tentang permintaan kebaikan di dunia dan akhirat.

Baca Juga

Doa tersebut, meski dengan sedikit perbedaan redaksi, dalam riwayat yang disebutkan Imam al-Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin disebut Rasulullah SAW dengan istilah jawami’ al-kawamil (kumpulan dari segala kesempurnaan).

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنَ الْخَيْرِ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الشَّرِّ كُلِّهِ عَاجِلِهِ وَآجِلِهِ، مَا عَلِمْتُ مِنْهُ وَمَا لَمْ أَعْلَمْ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ مَا سَأَلَكَ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا عَاذَ بِهِ عَبْدُكَ وَنَبِيُّكَ، اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْجَنَّةَ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ النَّارِ وَمَا قَرَّبَ إِلَيْهَا مِنْ قَوْلٍ أَوْ عَمَلٍ، وَأَسْأَلُكَ أَنْ تَجْعَلَ كُلَّ قَضَاءٍ قَضَيْتَهُ لِي خَيْرًا

Latin:

Allohumma inni as-aluka minal khoiri kullihi ‘aajilih wa aajilih, maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam wa a’udzu bika minasy syarri kullihi ‘aajilih wa aajilih maa ‘alimtu minhu wa maa lam a’lam. Allohumma inni as-aluka min khoiri maa sa-alaka ‘abduka wa nabiyyuk muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallam wa a’udzu bika min syarri maa ‘aadza bihi ‘abduka wa nabiyyuk. Allohumma inni as-alukal jannah wa maa qorroba ilaihaa min qoulin aw ‘amal wa ‘audzu bika minan naari wa maa qorroba ilaihaa min qoulin aw ‘amal wa as-aluka an taj’ala kulla qodhoo-in qodhoitahu lii khoiroo.

Terjemah:

“Ya Allah, aku meminta kepada-Mu kebaikan seluruhnya, baik yang segera atau yang tertunda, baik yang aku ketahui atau aku belum ketahui. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan seluruhnya, baik yang segera atau yang tertunda, baik yang aku ketahui atau aku belum ketahui. Sesungguhnya aku meminta kepada-Mu semua doa kebaikan yang diminta oleh hamba dan Nabi-Mu. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang hamba dan Nabi-Mu meminta perlindungan dari kejelekan itu. Ya Allah, aku meminta kepada-Mu surga dan segala yang mendekatkan menuju surga, baik ucapan atau perbuatan. Aku berlindung kepada-Mu dari neraka dan segala yang mendekatkan menuju neraka, baik ucapan atau perbuatan. Dan aku meminta kepada-Mu untuk menjadikan semua takdir yang Engkau takdirkan untukku adalah kebaikan.” (HR Ahmad no 25019, Ibnu Majah no. 3846 dan Ibnu Hibban no 869)

Anjuran berdoa...  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement