Selasa 25 Jun 2024 04:30 WIB

Melonjaknya Populasi Muslim dan Terbuktinya Hadits Rasulullah SAW tentang Jumlah Umat

Rasulullah SAW menubuatkan lonjakan populasi Muslim

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Umat Muslim (ilustrasi). Rasulullah SAW menubuatkan lonjakan populasi Muslim
Foto: AP Photo/Vadim Ghirda
Umat Muslim (ilustrasi). Rasulullah SAW menubuatkan lonjakan populasi Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya menjelaskan bahwa di masa yang akan datang nanti jumlah umat Islam atau Muslim di dunia akan sangat banyak, namun seperti buih. Hadits ini sesuai dengan hasil penelitian lembaga Pew Research Center.

Rasulullah SAW juga menjelaskan, ketika jumlah Muslim menjadi sangat banyak di dunia, akan ditanamkan Al wahn kepada hati umat Islam oleh Allah SWT.

Baca Juga

Berdasarkan data yang dipublikasikan Pew Research Center (pada 2011) populasi Muslim dunia diperkirakan meningkat dari 1,6 miliar pada tahun 2010 menjadi 2,2 miliar pada 2030.

Secara global, populasi Muslim diperkirakan akan tumbuh sekitar dua kali lipat dibandingkan populasi non-Muslim selama dua dekade (tahun 2010 - 2030), dengan rata-rata tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 1,5 persen bagi umat Islam, dibandingkan dengan 0,7 persen bagi non-Muslim.

Berikut ini hadits Nabi Muhammad SAW yang mengatakan bahwa jumlah Muslim akan menjadi banyak di masa mendatang.

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُوشِكُ الْأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى الْأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا فَقَالَ قَائِلٌ وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ قَالَ بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَلَيَنْزَعَنَّ اللَّهُ مِنْ صُدُورِ عَدُوِّكُمْ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَلَيَقْذِفَنَّ اللَّهُ فِي قُلُوبِكُمْ الْوَهْنَ فَقَالَ قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الْوَهْنُ قَالَ حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ

Dari Tsauban ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Hampir-hampir bangsa-bangsa memperebutkan kalian (umat Islam), layaknya memperebutkan makanan yang berada di mangkuk."

Seorang laki-laki berkata, "Apakah kami waktu itu berjumlah sedikit?"

Rasulullah SAW menjawab, "Bahkan jumlah kalian pada waktu itu sangat banyak, namun kalian seperti buih di genangan air. Sungguh Allah akan mencabut rasa takut kepada kalian, dan akan menanamkan ke dalam hati kalian Al wahn." Seseorang lalu berkata, "Wahai Rasulullah, apa itu Al wahn?"

Nabi Muhammad SAW menjawab, "Cinta dunia dan takut mati." (HR Imam Abu Dawud)

Masih berdasarkan data Pew Research Center, jumlah Muslim diperkirakan akan terus bertambah di Amerika Serikat (AS).

Bahkan pada 2040 akan lebih banyak jumlah Muslim di Amerika Serikat daripada jumlah Yahudi di Amerika Serikat. Sementara di urutan pertama masih didominasi umat Kristiani, di urutan kedua terbanyak ada umat Islam di tahun 2040 di Amerika Serikat .

Di saat yang sama..

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement