Selasa 19 Mar 2024 05:25 WIB

Peristiwa yang akan Terjadi dan Mulai Tampak Tandanya Kini Sudah Diingatkan Rasulullah SAW

Tanda akhir zaman adalah munculnya Dajjal

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi akhir zaman. Tanda akhir zaman adalah munculnya Dajjal
Foto:

Keenam, Rasulullah SAW memiliki perhatian dan kekhawatiran yang besar terhadap umatnya, karena akan munculnya para pendusta dan penyesat di masa yang akan datang sepeninggal beliau.

Ketujuh, Allah SWT telah memberikan rahmat yang besar kepada orang-orang beriman dengan memberikan mereka senjata untuk melawan fitnah Dajjal, seperti mengetahui ciri yang menunjukkan dusta dan tipu daya dajjal.

Orang beriman juga mampu membaca apa yang tertulis di jidat Dajjal yang menjadi tanda kekafirannya. Orang beriman juga hafal Surat Al-Kahfi sebagai perlindungan dari fitnah Dajjal.

Kedelapan, hadits tersebut mendorong agar tetap teguh di tengah cobaan dan tidak terpengaruh. Kesembilan, hadits itu juga menyampaikan keutamaan Surat Al-Kahfi dan bahwa ayat-ayat awalnya merupakan perlindungan dari fitnah Dajjal.

Kesepuluh, hadits ini menunjukkan bahwa sahabat Rasulullah SAW mencintai ilmu. Mereka mempelajari dan mendalami pengetahuannya tentang Dajjal dan tanda-tanda kiamat yang lainnya.

Kesebelas, hadits tersebut menjadi dasar tentang turunnya Nabi Isa AS, anak Maryam. Apalagi hadits ini bersifat mutawatir yang berarti disimak oleh banyak sahabat Nabi SAW. Keduabelas, Nabi Isa AS yang akan membunuh Al-Masih Al-Dajjal.

Ketigabelas, hadits ini menjelaskan bahwa Ya'juj dan Ma'juj dan fitnahnya yang akan mengisi bumi adalah tanda-tanda kiamat. Keempat belas, di akhir zaman harta itu tidak bernilai sedikit pun pada saat terjadi kesulitan dan kelaparan.

Kelimabelas, hadits tersebut menekankan bahwa Rasulullah SAW adalah hujjah yang paling kuat dan pemberi petunjuk yang paling jelas tentang Dajjal. Maka seandainya Dajjal muncul di zaman Rasulullah SAW, beliau SAW pasti akan mengalahkannya.

Sumber: hadeethenc

 

photo
Infografis Tujuh Golongan Manusia tak Dipandang Allah di Hari Kiamat - (Dok Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement