Jumat 01 Mar 2024 13:52 WIB

Mengapa Laki-Laki Diwajibkan Sholat Jumat?

Kaum perempuan tidak dibebani dengan kewajiban sholat Jumat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah Muslim Palestina yang dilarang memasuki kompleks Masjid Al-Aqsa, sholat di luar Kota Tua Yerusalem saat pasukan Israel berjaga, Jumat, (23/2/2024).
Foto:

Kendati demikian, bukan berarti kaum perempuan tidak boleh mengikuti sholat Jumat di masjid. Rasululullah hanya menyarankan agar mereka lebih baik melakukan sholat di rumah.

Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

لاَ تَمْنَعُوا نِسَاءَكُمُ الْمَسَاجِدَ وَلَكِنَّ بُيُوتَهُنَّ خَيْرٌ لَهُنَّ

Artinya: "Janganlah kalian menghalangi istri-istri kalian untuk masuk ke dalam masjid, namun rumah-rumah mereka lebih baik bagi mereka."

Perempuan tidak diwajibkan untuk melaksanakan sholat Jumat lantaran sholat Jumat dilaksanakan berjamaah sehingga dikhawatirkan memunculkan fitnah antara laki-laki dan perempuan yang berjumlah banyak dan berkumpul di satu tempat.

Sholat Jumat juga memberikan kesempatan bagi umat Islam laki-laki untuk berkumpul, mendengarkan khutbah yang berisi pengajaran dan nasihat agama, serta meningkatkan kebersamaan dan kekuatan komunitas Muslim.

Sholat Jumat dianggap sebagai ibadah yang penting dan merupakan salah satu ciri khas ibadah dalam Islam yang menekankan pentingnya komunitas dan kebersamaan di antara umat Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement