Jumat 23 Feb 2024 08:30 WIB

Alquran Telah Bicara Air Sumber Kehidupan Seluruh Makhluk di Bumi

Alquran menjelaskan air sebagai elemen kehidupan.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Erdy Nasrul
Kegiatan belajar mengaji Alquran (ilustrasi)
Foto: Dokumen
Kegiatan belajar mengaji Alquran (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Setiap makhluk hidup entah itu manusia, hewan dan tumbuhan membutuhkan air untuk bertahan hidup. Bagi manusia air banyak memiliki fungsi di antaranya pembentuk sel dan cairan tubuh. Air juga untuk mencegah dehidrasi.

Air juga sangat penting bagi keberlangsungan hidup tumbuhan. Air salah satu komponen utama proses fotosintesis. Air pun sebagai faktor penting dalam tumbuh kembangnya tumbuhan. Pun dengan manfaat air bagi kehidupan hewan yang sangat besar. Di antaranya untuk melancarkan pencernaan dan menjaga suhu tubuh.

Baca Juga

Alquran telah jauh hari menunjukkan betapa pentingnya air bagi kelangsungan makhluk hidup. Melalui air, Allah ingin menunjukkan kekuasaannya atas segala yang ada di alam ini.

Surah al-Anbiya' ayat 30 menunjukkan bahwa air sangat penting dalam kehidupan makhluk. Ayat tersebut berbunyi:

 

اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَاۗ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ

Awalam yaral-lażīna kafarū annas-samāwāti wal-arḍa kānatā ratqan fa fataqnāhumā, wa ja‘alnā minal-mā'i kulla syai'in ḥayy(in), afalā yu'minūn(a).

Artinya: "Apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi, keduanya, dahulu menyatu, kemudian Kami memisahkan keduanya dan Kami menjadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air? Maka, tidakkah mereka beriman?."

Tafsir tahlili dalam Quran Kemenag menjelaskan ayat ini untuk orang kafir Makkah yang tidak memperhatikan peristiwa-peristiwa alam bahwa Allah itu ada dan Maha Kuasa. Dan sebelum bumi menjadi tempatnya makhluk hidup adalah sebuah satelit yaitu benda angkasa yang mengitari matahari. Satelit bumi yang awalnya panas sekali karena berputar terus menerus maka lama-lama menjadi dingin dan berembun.

Embun yang lama menjadi gumpalan air. Inilah yang menjadi sumber kehidupan makhluk. Kemudian Alquran juga menyebut air sebagai sumber penghidupan bagi tumbuhan.

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement