Kamis 22 Feb 2024 00:39 WIB

Arti Alif Lam Mim dalam Alquran, Terdapat di Surah Apa Saja?

Alif Lam Mim merupakan misteri dan rahasia Alquran.

Ilustrasi mengaji Alquran.
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Ilustrasi mengaji Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Jika membaca surah kedua Alquran, yakni Al Baqarah, maka pasti akan menemukan ayat pertama berupa potongan huruf alim lam mim. Setelah itu baru dilanjutkan ayat dzalikal kitabu la rayba fihi...sampai akhir.

Ada enam surah Alquran yang dimulai dengan alif lam mim. Mereka adalah sebagai berikut:

Baca Juga

Al-Baqarah (sapi betina)

Ini merupakan surah yang pada bagian awalnya terdapat penjelasan mengenai keagungan Alquran dan orang-orang yang menolak kebenaran meski sudah disampaikan kepada mereka. 

Ali Imran

Ini merupakan surah yang menceritakan tentang keluarga Imran. Mereka adalah keluarga yang taat kepada Allah, orang-orang shaleh yang luar biasa. Salah seorang keturunan Imran adalah Maryam yang kelak melahirkan ruhullah Nabi Isa.

 

photo
Duta Besar Jepang untuk Arab Saudi Iwai Fumio baru-baru ini mengunjungi Kompleks Percetakan Alquran Raja Fahd di Madinah. - (SPA)

Al-Ankabut

Surah ini bermakna laba-laba. Hewan satu ini merupakan pelindung Nabi Muhammad ketika bersembunyi di dalam gua dari kejaran orang-orang kafir.

Ar-Rum

Artinya Bangsa Romawi. Umat Islam dikenal sebagai penakluk Bangsa Romawi, bangsa yang waktu itu dikenal tangguh. Pasukannya sudah menaklukkan banyak bangsa, tapi tunduk dan takluk kepada Umat Islam.

Luqman

Luqman merupakan lelaki teladan, ayah yang dikenal taat beribadah. Dia pernah berpesan kepada anak-anaknya untuk tidak menyekutukan Allah, karena itu merupakan dosa besar yang tidak terampuni.

photo
Contoh Mushaf Alquran berbahasa Isyarat (Juz 30) untuk Difabel (tuna rungu dan tuna wicara). - (Republika/Mabruroh)

As-Sajdah

Merupakan surah yang di dalamnya terdapat ayat sajdah. Ketika ayat ini dibaca atau terdengar, maka dianjurkan untuk bersujud (tilawah) sambil melafalkan bacaan berikut ini:

سَجَدَ وَجْهِى لِلَّذِى خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ تَبَارَكَ اللَّهُ أَحْسَنُ الْخَالِققِينَ

Sajada wajhiya lilladzii khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam'ahu wa basharahu bi hawlihi wa quwwatihi ta tabarakallâhu ahsanul khaliqiin.

“Wajahku bersujud kepada Allah SWT, yaitu Zat yang menciptakan, yang membuka pendengaran serta penglihatan-Nya dengan daya dan kekuatan-Nya. Mahamulia Allah dan sebaik-baik Zat Yang Maha Mencipta.”

Lalu apa arti alif lam mim?

 

Lihat halaman berikutnya >>>

photo
Alquran. - (AP)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement