Kamis 22 Feb 2024 00:39 WIB

Arti Alif Lam Mim dalam Alquran, Terdapat di Surah Apa Saja?

Alif Lam Mim merupakan misteri dan rahasia Alquran.

Ilustrasi mengaji Alquran.
Foto:

Banyak ahli tafsir menjelaskan bahwa ketiga huruf ini merupakan bukti Alquran sebagai mukjizat. Sebab sehebat-hebatnya sastrawan Arab ketika itu, gagal untuk membuat bait indah yang mengandung potongan huruf yang mengandung misteri seperti alif lam mim dan sejenisnya.

Imam al-Qurthubi berkata dalam tafsirnya: sesungguhnya huruf-huruf yang ada diawal-awal surat adalah rahasia Allah yang ada dalam Alquran. Dan beliau juga berkata: sekelompok ulama berkata: kita menyukai untuk berbicara dalam hal ini, untuk mengeluarkan faidah-faidah yang dikandung dan makna-makna yang ada didalamnya. 

Mereka berbeda pendapat mengenai masalah ini; sebagian berpendapat bahwa huruf-huruf ini adalah isyarat yang merujuk pada huruf-huruf hijaiyyah yang Allah Ta’ala kabarkan kepada orang-orang Arab yang menantang untuk menandingi Alquran yang tersusun dari huruf-huruf yang merupakan dasar dari bahasa mereka. Hal ini ditujukan agar menjadi bukti yang lebih jelas akan kelemahan mereka untuk menandingi Alquran padahal Alquran diturunkan menggunakan bahasa mereka.

Tafsir Kementerian Agama

Buku tafsir ini menjelaskan makna alif lam mim sebagai berikut:

Beberapa surah dalam Alquran dibuka dengan huruf abjad seperti alif laam miim, alif laam raa', dan sebagainya. Makna huruf-huruf itu hanya Allah yang tahu. Ada yang berpendapat bahwa huruf-huruf itu adalah nama surah.

Ada pula yang berpendapat bahwa gunanya untuk menarik perhatian, atau untuk menunjukkan mukjizat Alquran, karena Alquran disusun dari rangkaian huruf-huruf abjad yang digunakan dalam bahasa bangsa arab sendiri. Meskipun demikian, mereka tidak pernah mampu untuk membuat rangkaian huruf-huruf itu menjadi seperti Alquran. Inilah kitab yang sempurna dan penuh keagungan, yaitu Alquran yang kami turunkan kepada nabi Muhammad, tidak ada keraguan padanya tentang kebenaran apa-apa yang terkandung di dalamnya.

Orang-orang yang berakal sehat tidak akan dihinggapi keraguan bahwa Alquran berasal dari Allah karena sangat jelas kebenarannya. Alquran juga menjadi petunjuk yang sempurna bagi mereka yang mempersiapkan diri untuk menerima kebenaran dengan bertakwa, yaitu mengikuti segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya agar terhindar dari siksa Allah. 

 

Meski petunjuk Alquran diperuntukkan bagi seluruh umat manusia, hanya orang-orang bertakwa saja yang siap dan mampu mengambil manfaat darinya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement