Selasa 20 Feb 2024 06:30 WIB

Hadits Nabi Muhammad: Laksanakan Amanat yang Diberikan, Jangan Berkhianat

Nabi Muhammad menganjurkan umatnya tidak berkhianat.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi sumpah jabatan untuk menjalanakan amanah.
Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Ilustrasi sumpah jabatan untuk menjalanakan amanah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Khianat adalah perbuatan yang dilarang dalam Islam. Bahkan kalau seorang Muslim telah dikhianati maka dia tidak boleh membalas khianat tersebut dengan balik mengkhianatinya.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

‎أَدِّ الْأَمَانَةَ إِلَى مَنْ ائْتَمَنَكَ ، وَلا تَخُنْ مَنْ خَانَكَ

"Laksanakan amanat pada siapa saja yang memberikanmu amanat itu, dan jangan berkhianat pada orang yang mengkhianatimu." (HR. Tirmidzi, Abu Daud, dan Tirmidzi)

Khianat juga termasuk salah satu perkara lisan yang dilarang dalam Islam. Apapun yang telah dikeluarkan dari lisan maka hal itulah yang menjadi tanggung jawab yang harus diemban orang tersebut.

Allah SWT berfirman, "Tidak ada suatu kata yang diucapkannya melainkan ada di sisinya malaikat pengawas yang selalu siap (mencatat)." (QS Qaf Ayat 18)

Juga dalam hadits lain, Rasulullah SAW bersabda, "Seorang hamba berbicara satu kalimat yang tidak dipikirkannya, bisa membuatnya tergelincir ke dalam neraka yang jaraknya lebih jauh dibandingkan jarak antara Timur dan Barat." (HR Bukhari)

Adapun khianat, telah diperingatkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA. Berikut haditsnya:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: ” آيَةُ المُنَافِقِ ثَلاَثٌ: إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ، وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ، وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ “

Dari Abu Hurairah RA, Nabi SAW bersabda, "Tanda orang munafik ada tiga yaitu jika berbicara maka dia berdusta, bila berjanji dia mengingkari, dan jika diberi amanah (kepercayaan) maka ia berkhianat." (HR. Bukhari dan Muslim)

Janji palsu adalah perbuatan lisan yang membinasakan seorang Muslim dan ini perbuatan yang diharamkan. Janji adalah ditepati dan tidak boleh diingkari. Termasuk juga berbohong dalam ucapan dan sumpah. Perbuatan ini adalah salah satu perbuatan lisan yang paling besar dalam membinasakan seorang Muslim.

Karena akibat perbuatan tersebut ialah membuat seseorang percaya pada dusta dan menyebabkan kebodohan sehingga menimbulkan kerugian. Rasulullah SAW bersabda, "Waspadalah terhadap dusta, karena itu termasuk maksiat dan keduanya (maksiat dan dusta) ada di neraka tempatnya." (HR Al-Wadi'i)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement