Senin 12 Feb 2024 20:36 WIB

Zionis Israel Menggila Serang Gaza Rafah, Ini 10 Ayat Alquran Landasan Bantu Palestina

Israel menyerang Rafah di Gaza Selatan dengan brutal

Rep: Fuji E Permana / Red: Nashih Nashrullah
Bangunan rusak di Rafah Gaza Selatan akibat serangan Zionis Israel. Israel menyerang Rafah di Gaza Selatan dengan brutal
Foto: AP Photo/Hatem Ali
Bangunan rusak di Rafah Gaza Selatan akibat serangan Zionis Israel. Israel menyerang Rafah di Gaza Selatan dengan brutal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saudara di Gaza Palestina masih terus membutuhkan uluran tangan kita. Segala bentuk bantuan dari materi hingga doa sangatlah membantu perjuangan rakyat Palestina.

Kabar terakhir, rezim pendudukan Israel mulai menggempur Kota Rafah di Gaza selatan secara intensif pada Senin pagi, sehingga menewaskan dan melukai ratusan warga sipil, termasuk sebagian besar anak-anak dan perempuan.

Baca Juga

Otoritas kesehatan di Rafah melaporkan pembunuhan tragis oleh militer Israel terhadap 100 lebih warga sipil, termasuk anak-anak dan perempuan, dan ratusan korban luka lainnya.

Para korban langsung dilarikan ke seluruh rumah sakit di Kota Rafah, demikian menurut otoritas kesehatan.

 

Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) mengungkapkan bahwa Rafah menyaksikan serangan udara sengit Israel di pusat kota, menghantam rumah-rumah warga di dekat kantor pusat PRCS.

Menurut sumber setempat, pesawat tempur Israel meluncurkan sekitar 40 serangan udara dan menargetkan sejumlah rumah dan masjid yang menampung para pengungsi. Penembakan artileri yang intens dan pemboman lewat jalur laut juga terjadi di Rafah, katanya. 

Serangan udara Israel juga meluas ke wilayah di dekat perbatasan dengan Mesir. Diperkirakan sekitar 1,4 juta warga dan pengungsi internal saat ini berada di Rafah setelah pasukan pendudukan Israel memaksa pindah ratusan ribu warga Palestina dari Gaza utara ke selatan pada awal agresi.

Pada hari ke-129 agresi, pasukan Israel terus menggempur Gaza melalui darat, laut, dan udara, yang menewaskan lebih dari 28.176 orang dan melukai 67.784 orang lainnya.

Sementara itu, ribuan korban lainnya masih terjebak di bawah reruntuhan dan jalanan lantaran pasukan Israel mencegat tim penyelamat untuk menjangkau mereka.

Menurut perkiraan awal, agresi Israel di Jalur Gaza yang berlangsung sejak 7 Oktober telah membunuh lebih dari 28.176 orang, kebanyakan warga sipil tak berdosa, dan melukai 68 ribu lebih orang lainnya.

Yang lebih parah lagi, agresi Israel telah menyebabkan hampir dua  juta orang terpaksa mengungsi dari seluruh wilayah di Jalur Gaza.

Kondisi ini tentu menuntut solidaritas segenap umat Muslim di berbagai belahan dunia. Alquran menjadi landasan kuat untuk membantu saudara-saudara kita di Palestina.  

Baca juga: 10 Cara Keluar dari Kesulitan Masalah Hidup Menurut Alquran dan Hadits

Berikut ini ayat-ayat Alquran yang bisa menjadi dasar bagi rakyat Indonesia khususnya umat Islam untuk perjuangan rakyat Palestina meraih kemerdekaan. Dikutip dari dalil dalam Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan Terhadap Perjuangan Palestina: 

Pertama, Al Baqarah ayat 11

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman:

وَاِذَا قِيْلَ لَهُمْ لَا تُفْسِدُوْا فِى الْاَرْضِۙ قَالُوْٓا اِنَّمَا نَحْنُ مُصْلِحُوْنَ

“Apabila dikatakan kepada mereka, “Janganlah berbuat kerusakan di bumi," mereka menjawab, “Sesungguhnya kami hanyalah orang-orang yang melakukan perbaikan.” (QS Al-Baqarah ayat 11)

Kedua...

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement