Senin 12 Feb 2024 05:53 WIB

Seberapa Luas Surga Itu? Ini Jawaban Alquran dan Penjelasan Prof Quraish Shihab

Allah SWT menjanjikan surga untuk orang beriman dan ikhlas

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi Surga. Allah SWT menjanjikan surga untuk orang beriman dan ikhlas
Foto: Pixabay
Ilustrasi Surga. Allah SWT menjanjikan surga untuk orang beriman dan ikhlas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bermuara ke surga adalah impian bagi manusia dan juga makhluk-makhluk Allah. Keindahan dan luasnya surga kerap disebutkan dalam narasi-narasi atau teks keagamaan, namun sebenarnya seberapa luas surga itu dalam pandangan manusia?

Alquran menyebut bahwa surga memanglah luas. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Surat Ali Imran ayat 133:

Baca Juga

وَسَارِعُوۡۤا اِلٰى مَغۡفِرَةٍ مِّنۡ رَّبِّكُمۡ وَجَنَّةٍ عَرۡضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالۡاَرۡضُۙ اُعِدَّتۡ لِلۡمُتَّقِيۡنَۙ 

Yang artinya, “Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa.”

 

Pakar Ilmu Tafsir Prof Quraish Shihab dalam kitab Tafsir Al Mishbah menjelaskan, ayat ini pada hakikatnya adalah seruan anjuran untuk peningkatan upaya mengejar surga dan ridha Allah SWT. Melukiskan upaya bagaikan satu perlombaan dan kompetisi yang memang merupakan salah satu cara peningkatan kualitas.

Adapun yang dimaksud dengan lebar surga di sini, kata Prof Quraish, adalah luasnya, Dan luas yang dimaksud adalah perumpamaan. Ia tidak harus dipahami dalam arti harfiahnya. Dalam benak manusia, tidak ada sesuatu yang dapat menggambarkan keluasan melebihi luasnya langit dan bumi.

Maka menggambarkan betapa luasnya surga, Allah SWT memilih kata-kata ‘selebar langit dan bumi’. Di sisi lain, sedemikian luasnya sehinga ketika mendengar bahwa lebarnya saja sudah demikian, maka bagaimana pula panjangnya?

Perumpamaan yang diberikan oleh Alquran ini mengundang kaum Muslimin agar tidak mempersempit surga dan merasa atau menyarankan bahwa hanya diri atau kelompoknya saja yang akan memasuki surga yang sedemikian luas itu sehingga siapapun yang berserah diri kapda Allah SWT , maka sesungguhnya ia akan mendapat tempat yang luas di sana.

Enam amalan

Rasulullah SAW akan menjaminkan surga kepada setiap umatnya jika mampu menghadirkan dalam keseharian akhlaknya enam amalan. Apa sajakah amalan tersebut?

Hadits riwayat Imam Ahmad dari Ubadah bin as-Shamit RA, menjabarkan keenam amalan tersebut.   

عن عُبَادة بن الصَّامت ، قال : قال رسُول اللَّه صلَّى اللّهُ عليه وسلَّم "اضْمنُوا لِي سِتًّا من أنفسِكمْ أضْمَنُ لكمْ الجنةُ ؛ اصْدُقُوا إذا حدَّثْتُمْ ، وأوْفُوا إذا وعدتُمْ ، وأدًُّوا إذا ائْتُمِنْتُمْ ، و احفَظُوا فُروجَكمْ ، وغُضُّوا أبْصارَكمْ ، وكُفُّوا أيديّكمْ  

Dari Ubadah bin ash-Shamit, dia berkataa, “Rasulullah SAW bersabda, “Jaminlah untukku enam  hal darimu, aku jaminkan surga untukmu; benar dalam bicara, tepat janji kepada Allah dan manusia, tunaikan amanah, tutup aurat dan jaga kemaluanmu, tahan matamu dari yang haram, dan jaga tangan.” (HR Ahmad, Ibnu Hibban & Baihaki). 

Pertama...

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement