Senin 05 Feb 2024 11:41 WIB

Maksiat Bikin Rezeki Seret? Renungi Hadits Nabi Muhammad Ini

Seseorang akan ditahan rezekinya karena dosa yang dia lakukan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Infografis Tiga Hal yang Mendatangkan Rezeki. Ilustrasi harta
Foto: Republika.co.id
Infografis Tiga Hal yang Mendatangkan Rezeki. Ilustrasi harta

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Sejatinya seorang Muslim itu lemah sehingga tidak menutup kemungkinan untuk melakukan perbuatan maksiat. Karena itu, telah dibuka lebar untuknya pintu taubat.

Allah SWT berfirman:

Baca Juga

يُرِيْدُ اللّٰهُ اَنْ يُّخَفِّفَ عَنْكُمْ ۚ وَخُلِقَ الْاِنْسَانُ ضَعِيْفًا

"Allah hendak memberikan keringanan kepadamu, karena manusia diciptakan (bersifat) lemah." (QS. An Nisa ayat 28)

Lantas apa hubungan antara dosa dan rezeki? Seorang Muslim dapat meninggalkan apa yang diperintahkan Allah SWT kepadanya dan melakukan apa yang dilarang-Nya, yang kemudian diganjar dosa kepadanya.

Tetapi di sisi lain, dosa adalah salah satu faktor yang membuat rezeki seseorang mandek, di samping menghilangkan keberkahan rezeki. Diriwayatkan dari Tsauban RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

لَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ ، وَلَا يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ ، وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِخَطِيئَةٍ يَعْمَلُهَا)

"Tidaklah akan bertambah usia (seseorang) kecuali dengan kebaikan, dan tidaklah bisa menolak takdir kecuali dengan doa. Sesungguhnya seseorang akan ditahan rezekinya karena dosa yang dia lakukan." (HR. Ibnu Majah)

Dengan demikian, faktor lain yang menjadikan rezeki berlimpah dan berkah adalah bertaubat dengan taubat yang sebenar-benarnya, serta memohon ampunan kepada Allah SWT dengan sering-sering mengucapkan kalimat istighfar.

Taubat dan memohon ampun atau beristighfar, merupakan salah satu alasan terpenting yang membantu seseorang terbebas dari pengaruh dosa. Bertaubat berarti kembali, dan mencari ampun berarti memohon ampun kepada Allah.

Ketika seseorang bertaubat dan memohon ampun kepada Allah, maka terbukalah pintu rahmat dan ampunan baginya, terhapuskan kekurangan darinya dan diberkahi rezekinya, sehingga tercapai keutuhan dan kebahagiaan hidup.

Allah SWT berfirman, "Maka aku berkata (kepada mereka), Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu, Sungguh, Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu, dan Dia memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan mengadakan kebun-kebun untukmu dan mengadakan sungai-sungai untukmu." (QS Nuh ayat 10-12)

Dalam Islam terdapat cara yang dapat membantu seorang Muslim agar diberi rezeki yang berlimpah dan berkah oleh Allah SWT. Tiga di antaranya ialah, mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menjalankan perintah-Nya, menjauhi perbuatan maksiat dan haram serta berbagai hal yang membuat Allah SWT murka.

Kedua, bertawakal atau berserah diri kepada Allah SWT dalam segala urusan, baik hal kecil maupun besar, sambil tetap berikhtiar dengan rajin dan tekun.

Ketiga, memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah kita perbuat. Minta ampunan kepada Allah SWT dengan tulus dan bersungguh-sungguh, serta memantapkan diri untuk tidak mengulanginya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement