Kamis 25 Jan 2024 00:05 WIB

Rahasia Jumlah Planet di Alam Semesta yang Termuat dalam Alquran

Alquran menyimpan rahasia tentang jumlah planet di alam semesta.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Uranus dan Neptunus, planet kembar yang beda warna.
Foto:

Sementara itu, Nadiah Thayyarah dalam Sains dalam Al-Qur'an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah menjelaskan para ilmuwan telah menemukan sembilan planet dalam tata surya. Tidak menutup kemungkinan, menurut Nadiah, para ilmuwan akan menemukan dua planet lagi, sesuai dengan mimpi Yusuf AS.

Dia juga menjelaskan, pada masa-masa diturunkannya Alquran, jumlah planet yang dikenal baru lima. Ketika teleskop antariksa telah ditemukan, jumlah itu kemudian berubah menjadi sembilan dan keteraturan antariksa yang sempurna telah sampai pada batas di mana ia bisa diperkirakan.

"Terbukti dengan ditemukannya planet Neptunus dan Pluto sebelum keduanya bisa diamati. Artinya, kedua planet tersebut bisa ditemukan dengan perantaraan hitung-hitungan astronomis belaka, tanpa teleskop. Baru setelah itu, dua planet tersebut bisa diamati dan jumlah planet tata surya menjadi sembilan," kata Nadiah.

Nadiah juga mengungkapkan, perhitungan komputer astronomi modern menunjukkan kemungkinan ditemukannya sebuah planet setelah Pluto, tetapi belum bisa diamati dengan teleskop. Planet itu dinamakan Sedna dan jaraknya dari matahari sekitar 10 miliar kilometer.

Para ilmuwan, juga memperkirakan adanya planet lain di antara matahari dan Merkurius. Planet itu diberi nama Volcano, tetapi sampai sekarang belum bisa diamati. "Jika benar dua planet tersebut (Sedna dan Volcano) bisa dilihat, maka jumlah planet dalam tata surya menjadi sebelas, bukan sembilan," ujarnya.

sumber : Addustour