Selasa 09 Jan 2024 16:05 WIB

Tafsir Ali Imran 36: Perbedaan Kemampuan Laki-Laki dan Perempuan

Syariat Islam tidak membedakan hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto:

Laki-laki melebihi perempuan di berbagai bidang pekerjaan fisik dan olahraga, serta aktivitas gerakan yang meletihkan, seperti di bidang arsitek, matematika, mekanik, bangunan, seni pahat, atau aktivitas-aktivitas berbahaya lainnya seperti terjun payung dan panjat tebing.

Sedangkan perempuan lebih unggul dari laki-laki dalam hal pekerjaan-pekerjaan kecil yang membutuhkan ketelitian. Perempuan juga lebih sabar dalam mencari, mengumpulkan dan menata sesuatu, juga dalam melakukan pekerjaan tangan lainnya yang membutuhkan ketelitian dan kesempurnaan, seperti menjahit, merawat pasien, menjadi apoteker dan menggeluti kesenian. Kelebihan ini terutama ditimbulkan akibat faktor genetis yang didukung oleh faktor lingkungan dan sosial.

Riset ilmiah membuktikan otak laki-laki mengungguli otak perempuan dalam hal konsentrasi dan spesialisasi bidang tertentu. Seorang laki-laki hanya bisa fokus melakukan sebuah pekerjaan, perhatiannya tidak akan beralih dari pekerjaannya sampai ia merampungkannya.

"Sedangkan otak perempuan tidak bisa banyak berkonsentrasi, pikirannya selalu terpecah-pecah. Inilah yang menambah kadar lupa pada diri perempuan," jelas Nadiah.

Selain itu, fungsi bahasa dan kata pada laki-laki ada di sisi depan dan belakang otak kirinya. Adapun pada perempuan hanya ada di bagian depan otak kirinya. Terdapat organ berupa simpul atau kumpulan badan sel saraf yang mengikat antara dua belah otak, yang berfungsi mentransfer informasi di antara dua bagian otak.

Organ tersebut lebih tebal dan lebih berat pada diri perempuan. "Hal ini menandakan jumlah informasi yang mengalami pertukaran lebih banyak pada diri perempuan ketimbang pada lelaki. Perbedaan ini mungkin yang menunjukkan adanya keunggulan perempuan atas laki-laki dalam hal spontanitas dan ketangkasan," ujar Nadiah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement