Selasa 09 Jan 2024 16:05 WIB

Tafsir Ali Imran 36: Perbedaan Kemampuan Laki-Laki dan Perempuan

Syariat Islam tidak membedakan hak dan kewajiban laki-laki dan perempuan.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Pixabay
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Surat Ali Imran ayat 36 mengandung penjelasan tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Allah SWT berfirman:

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ اِنِّيْ وَضَعْتُهَآ اُنْثٰىۗ وَاللّٰهُ اَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْۗ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْاُنْثٰى ۚ وَاِنِّيْ سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَاِنِّيْٓ اُعِيْذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطٰنِ الرَّجِيْمِ

Baca Juga

"Maka ketika melahirkannya, dia berkata, “Ya Tuhanku, aku telah melahirkan anak perempuan.” Padahal Allah lebih tahu apa yang dia lahirkan, dan laki-laki tidak sama dengan perempuan. "Dan aku memberinya nama Maryam, dan aku mohon perlindungan-Mu untuknya dan anak cucunya dari (gangguan) setan yang terkutuk." (QS. Ali Imran ayat 36)

Nadiah Thayyarah dalam Sains dalam Al-Qur'an: Mengerti Mukjizat Ilmiah Firman Allah menjelaskan ayat tersebut menyatakan satu makna yang sangat jelas, yaitu bahwa laki-laki dan perempuan tidak sama. Hakikat ini diakui Alquran sejak 1.400 tahun yang lampau.

Syariat Islam tidak membedakan antara laki-laki dengan perempuan dalam hak dan kewajiban, tetapi membedakannya dari segi kemampuan. Keduanya saling menyempurnakan. Seorang laki-laki akan sempurna dengan keberadaan seorang perempuan dan perempuan akan sempurna dengan keberadaan laki- laki.

"Pada sikap saling menyempurnakan, seorang laki-laki membutuhkan perempuan dan sebaliknya perempuan juga membutuhkan peran laki-laki. Alquran telah menunjukkan perhatiannya yang besar terhadap perempuan. Kitab suci ini menyatakan kedudukan perempuan tidak kurang dari kedudukan laki-laki," kata Nadiah.

Allah SWT berfirman:

فَاسْتَجَابَ لَهُمْ رَبُّهُمْ اَنِّيْ لَآ اُضِيْعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِّنْكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ اَوْ اُنْثٰى ۚ بَعْضُكُمْ مِّنْۢ بَعْضٍ

"Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), “Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain..." (QS. Ali Imran ayat 195)

Nadiah juga menjelaskan, otak laki-laki beratnya sekitar 1.387 gram. Ini lebih berat dari otak perempuan yang hanya 1.245 gram. Para ilmuwan ahli genetik dan saraf telah menetapkan tujuh perbedaan pokok antara laki-laki dan perempuan dari segi susunan otak dan fungsinya. Salah satunya ialah perbedaan dalam hal kemampuan melakukan pekerjaan.

Laki-laki melebihi perempuan di berbagai bidang...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement