Selasa 09 Jan 2024 01:05 WIB

Pernikahan Bikin Orang Jadi Kaya Raya? Ini Penjelasan Tafsir Surat An Nur 32

Ayat ini berisi tentang pernikahan dan kaitannya dengan rezeki.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Sejumlah pasangan pengantin berjalan untuk mengikuti Isbat Nikah Massal di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/9/2023).
Foto: Antara/Didik Suhartono
Sejumlah pasangan pengantin berjalan untuk mengikuti Isbat Nikah Massal di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (19/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada sejumlah riwayat atsar sahabat Nabi Muhammad SAW mengenai tafsir atas Surat An Nur ayat 32. Ayat ini berisi tentang pernikahan dan kaitannya dengan rezeki.

Allah SWT berfirman:

Baca Juga

وَاَنْكِحُوا الْاَيَامٰى مِنْكُمْ وَالصّٰلِحِيْنَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَاِمَاۤىِٕكُمْۗ اِنْ يَّكُوْنُوْا فُقَرَاۤءَ يُغْنِهِمُ اللّٰهُ مِنْ فَضْلِهٖۗ وَاللّٰهُ وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

"Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya), Maha Mengetahui." (QS. An Nur ayat 32)

 

Terhadap ayat tersebut, Ibnu Jarir meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Allah SWT memerintahkan pernikahan dan menganjurkan mereka untuk melaksanakannya. Dari ayat itu juga, Allah memerintahkan untuk menikahkan laki-laki dan perempuan dari kalangan orang-orang merdeka dan budak.

Pada ayat tersebut, (إن يكونوا فقراء يغنهم الله من فضله), Allah menjanjikan kekayaan untuk mereka, yakni orang-orang yang melangsungkan pernikahan.

Dalam riwayat lain, dengan sanad yang bersumber dari Ibnu Masud RA, dia berkata:

 التمسوا الغنى في النكاح، يقول الله: (إن يكونوا فقراء يغنهم الله من فضله).

"Carilah kekayaan dalam pernikahan. Allah SWT berfirman, 'Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya'..."

Ulama Tafsir, Ibnu Katsir menjelaskan...

sumber : Islamweb
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement