Senin 08 Jan 2024 17:46 WIB

Alquran Ungkap 5 Kunci Raih Kemenangan dalam Perang atau Hidup di Dunia

Kunci kemenangan dalam hidup terdapat dalam surat Al Anfal.

Ilustrasi dzikir untuk meraih kemenangan. Kunci kemenangan dalam hidup terdapat dalam surat al-Anfal
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Ilustrasi dzikir untuk meraih kemenangan. Kunci kemenangan dalam hidup terdapat dalam surat al-Anfal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Terdapat lima sikap yang terangkum bila ingin meraih kemenangan, baik dalam peperangan maupun dalam mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini. Kelima sikap tersebut sebagaimana terangkum dalam surat Al Anfal ayat 45-47.  

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون وَأَطِيعُوا اللَّهَ وَرَسُولَهُ وَلَا تَنَازَعُوا فَتَفْشَلُوا وَتَذْهَبَ رِيحُكُمْ ۖ وَاصْبِرُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ وَلَا تَكُونُوا كَالَّذِينَ خَرَجُوا مِنْ دِيَارِهِمْ بَطَرًا وَرِئَاءَ النَّاسِ وَيَصُدُّونَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ ۚ وَاللَّهُ بِمَا يَعْمَلُونَ مُحِيطٌ

Baca Juga

''Hai, orang yang beriman, apabila kamu memerangi pasukan (musuh), berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung. Dan, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan, janganlah berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya, Allah beserta orang-orang yang sabar. Dan, janganlah kamu menjadi seperti orang-orang yang keluar dari kampungnya dengan rasa angkuh dan dengan maksud riya kepada manusia dan menghalangi (orang) dari jalan Allah.” (QS Al Anfaal [8]: 45-47).

Demikian firman Allah SWT kepada orang mukmin bagaimana meraih kemenangan. Rahasia kesuksesan dari ayat di atas sejatinya bukan hanya dalam peperangan, tapi meliputi aspek kehidupan yang lebih luas: politik, ekonomi, sosial, budaya, dan agama. 

Ayat ini pun bisa menjadi tolok ukur analisis sekaligus mencermati perilaku kita pada bidang-bidang itu.

Pertama, teguh hati dan sabar. Sesuai dengan kata fa atsbutuu pada ayat di atas, teguh hati adalah kemantapan tekad untuk melanjutkan perjuangan, optimistis terhadap apa yang akan dicapai, serta tidak lari dan tidak meragukan nilai-nilai yang diperjuangkan.

Dan, tetap bersabar, terutama ketika menghadapi kesulitan dan ancaman yang dapat melemahkan jiwa atau diri. Kegagalan sering kali hanya karena ketidakmampuan seseorang atau kelompok dalam mengontrol dan memelihara kesabaran.

Kedua, perbanyak zikir agar tidak melepaskan ikatan dan harapan kepada Allah SWT. Dzikir juga dapat menghilangkan rasa khawatir dan takut sehingga hati menjadi tenang dalam berjuang.

 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement