Senin 08 Jan 2024 08:59 WIB

Dilanda Rasa Sempit dan Sulit Jalani Hidup? Baca Doa yang Diabadikan Alquran Ini

Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman

Rep: Imas Damayanti / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa agar dijauhkan dari kesulitan hidup. Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi berdoa agar dijauhkan dari kesulitan hidup. Doa adalah senjata ampuh orang-orang yang beriman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Allah SWT selalu menurunkan rahmat-Nya kepada setiap makhluk. Maka ketika seorang hamba dihimpit kesusahan dan merasa hidupnya sempit, maka perbanyaklah bersimpuh.  

Dalam buku Kumpulan Doa Doa terbitan Kementerian Agama disebutkan mengenai doa memohon keluasan rahmat Allah.  Doa ini bersumber dari Alquran surat al-Mukmin ayat 7-8.

Baca Juga

Berikut lafaznya: 

 رَبَّنَا وَسِعْتَ كُلَّ شَيْءٍ رَحْمَةً وَعِلْمًا فَاغْفِرْ لِلَّذِينَ تَابُوا وَاتَّبَعُوا سَبِيلَكَ وَقِهِمْ عَذذَابَ الْججَحِيمِ رَبَّنَا وَأَدْخِلْهُمْ جَنَّاتِ عَدْنٍ الَّتِي وَعَدْتَهُمْ وَمَنْ صَلَحَ مِنْ آبَائِهِمْ وَأَزْوَاجِهِمْ وَذُرِّيَّاتِهِمْ ۚ إِنَّكَ  أَنْتَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ

Latin:

"Robbana wasi'ta kulla syai'in rohmatan wa ilman faghfir lilladzina taabuu wattaba'u sabilaka waqihim adzabal jahim. Robbana wa adkhilhum jannati adnin allati wa adatahum wa man sholaha min aabaa-ihim wa azwaajihim wa dzurriyatihim innaka antal azizul hakim."

Terjemah:

Yang artinya, "Ya Tuhan kami, rahmat dan ilmu-Mu meliputi segala sesuatu, maka berilah ampunan kepada orang-orang yang bertauba dan mengikuti jalan-Mu serta peliharalah mereka dari siksaan neraka yang menyala-nyala. 

Ya Tuhan kami, masukkanlah mereka ke dalam surga yang Engkau janjikan kepada mereka dari orang-orang shalih di antara bapak-bapak mereka, istri-istri mereka, dan keturunan mereka semua. Sungguh Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. Dan peliharalah mereka dari balasan kejahatan."

Jangan putus asa 

Pakar Tasawuf Haidar Bagir dalam bukunya berjudul Islam Risalah Cinta dan Kebahagiaan menyebut, sifat asli Allah dalah memberikan kebaikan setinggi-tingginya dan kebahagiaan bagi penghuni alam semesta. Sebagai konsekuensinya, Dia membentangkan juga kemungkinan jalan, termasuk jalan keluar, dari cobaan-cobaan yang diberikan. 

Alam ini adalah himpunan jalan-jalan dan kesempatan ke arah kebaikan tertinggi, kesempurnaan, dan kebahagiaan manusia. Maka jika suatu saat manusia sedang menjalani suatu keadaan melalui salah satu jaannya, maka yang perlu diingat adalah satu di antara banyak jalan-Nya yang terbatas. 

Baca juga: Suka Bangun Malam Hari Kemudian Ingin Tidur Lagi, Baca Doa Rasulullah SAW Ini

Jika melalui jalan tersebut manusia dapat melaluinya, maka bersyukurlah. Namun jika tidak, jangan putus asa. Sebab Allah SWT masih menyediakan jalan-jalan lainnya yang dapat dilalui untuk menyelesaikan cobaan dan menujua kebahagiaan.  

Manusia hanya butuh pindah lintasan jika tidak berhasil dengan satu jalan. Sebab Allah SWT menyediakan beragam jalan untuk dilalui dan disediakan kepada hamba-hamba-Nya.  

Barangkali di jalan pertama yang dilalui dan tidak berhasil itu, Allah SWT telah sisipkan hikmah sehingga di jalan atau pintasan lain lah manusia dapat mendapatkan solusi dari setiap cobaan yang mendera.   

Anjuran berdoa...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement