Sabtu 06 Jan 2024 01:15 WIB

Sebenarnya Apa Arti Surat Al-Qariah dalam Alquran?

Di dalam Alquran terdapat penyebutan Hari Kiamat dengan ragam kata.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Sebagai umat muslim tentu wajib membela Alquran. (ilustrasi)
Foto:

Dalam riwayat lain, yang juga dari Ibnu Abbas RA, bahwa Al-Qari'ah berarti Hari Kiamat. Begitupun dalam riwayat Qatadah bahwa Al-Qari'ah adalah Hari Kiamat.

Adapun dalam riwayat lain, sebagai berikut:

حدثنا أبو كريب ، قال : ثنا وكيع ، قال : سمعت أن القارعة والواقعة والحاقة : القيامة .

Abu Kuraib memberitahukan kepada kami, dia berkata bahwa Waki' menceritakan kepada kami, dia berkata, "Aku mendengar bahwa Al-Qari'ah, Al-Waqi'ah, dan Al-Haqqah adalah Hari Kiamat."

Al-Qari'ah dalam Alquran adalah yang menggetarkan hati dan membuatnya khawatir berdebar-debar, yaitu ketika sangkakala ditiup. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT pada Surat An Naml ayat 87:

وَيَوْمَ يُنْفَخُ فِى الصُّوْرِ فَفَزِعَ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَمَنْ فِى الْاَرْضِ اِلَّا مَنْ شَاۤءَ اللّٰهُ ۗوَكُلٌّ اَتَوْهُ دٰخِرِيْنَ

"Dan (ingatlah) pada hari (ketika) sangkakala ditiup, maka terkejutlah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi, kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Dan semua mereka datang menghadap-Nya dengan merendahkan diri." (QS. An Naml ayat 87)

Al-Qari'ah atau peristiwa Hari Kiamat adalah peristiwa bencana besar yang tidak ada tandingan di masa sebelumnya. Dan Al-Qari'ah adalah salah satu nama hari kiamat, sebagaimana nama-nama lain yang digunakan yakni Al Ghasyiyah, Al Haqqah, Al Tamma Al Kubro, Al Sokhkhoh, dan lainnya.

sumber : Alukah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement