Kamis 28 Dec 2023 10:21 WIB

9 Keutamaan Beristighfar, Salah Satunya Memperlancar Rezeki

Kalimat istighfar tidak hanya dianjurkan dibaca setelah sholat.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Belajar zikir untuk anak.
Foto:

3. Dapat membuat seseorang memiliki sifat rendah diri di hadapan Allah

Allah berfirman, "... Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Yaitu) orang-orang yang berdoa: 'Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka.' (Yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap taat, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun (beristighfar) di waktu sahur." (QS. Ali Imran ayat 15-17)

4. Agar tidak menjadi orang zalim

Orang yang banyak beristighfar maka dia akan terhindar dari sifat kezaliman, karena ia sudah mengakui bahwa dirinya sebagai orang yang bersalah. Allah berfirman, "Barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim." (QS. Al-Hujurat [49]: 11)

BACA JUGA: Benarkah Orang yang Sholat Subuh Disaksikan para Malaikat? Ini Penjelasannya

5. Lebih dicintai Allah

Allah sangat mencintai orang-orang yang mau bertobat. Allah berfirman, "Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertobat dan mencintai orang-orang yang menyucikan diri." (QS. Al-Baqarah ayat 222)

6. Dapat meredam kesedihan

Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya, dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangka." (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Memperlancar rezeki...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement