Sabtu 16 Dec 2023 10:33 WIB

Setan Lari Terbirit-birit Ketika Dengar Ucapan Ini

Hadits tersebut pun diriwayatkan oleh Imam Ahmad kitab Al-Musnad.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Islam memberikan tuntunan secara komprehensif dalam segala aspek kehidupan, termasuk dalam melakukan suatu perjalanan. Bukan tak mungkin, selama melakukan perjalanan ada gangguan dari makhluk halus.

Nabi Muhammad SAW memberi tuntunan ihwal hal tersebut. Disebutkan Imam Nawawi dalam Al Adzkaar, dengan menukil riwayat dalam kitab Ibnu Sinni dari Jabir RA bahwa Nabi SAW bersabda:

Baca Juga

اِذَا تَغَوَّلَتْ لَكُم الغِيلَانُ فَنَادُوْا بِالْاَذَانِ

"Jika makhlus halus mengganggu kalian, maka serukanlah adzan."

 

Imam Nawawi memaparkan hadits itu mengandung penolakan terhadap kejahatan dengan adzan. Karena sebenarnya setan jika mendengar suara adzan akan lari terbirit-birit.

Hadits tersebut pun diriwayatkan oleh Imam Ahmad kitab Al-Musnad. Hadits tersebut merupakan bagian dari hadits panjang yang diriwayatkan melalui Al-Hasan Al-Bashri, dari Jabir. Hadits tersebut juga diriwayatkan oleh Al-Bazzar melalui riwayat Al-Hassan.

Seorang Muslim juga dianjurkan untuk membaca Surat Al Ikhlas selama ada dalam perjalanan. Ini sebagaimana dalam riwayat yang dikeluarkan oleh Ibnu Sinni dan Imam Baihaqi dari jalur Abu Umamah Al Bahili.

Diriwayatkan bahwa Malaikat Jibril...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement