Jumat 15 Dec 2023 11:26 WIB

Alquran Ungkap Dua Dosa Besar yang Membuat Bani Israil Diazab Allah

Tabiat sombong Bani Israil rupanya telah diungkapkan Alquran.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi.
Foto: AP
Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bani Israil kerap berlaku sombong dalam kehidupan, mereka juga mengklaim diri sebagai makhluk dengan kasta termulia. Tabiat sombong ini rupanya telah diungkapkan Alquran. Allah juga menjabarkan dosa-dosa Bani Israil yang membuat mereka diazab.

Allah SWT berfirman dalam Alquran Surat Al Isra ayat 4:

Baca Juga

 "وَقَضَيْنَآ اِلٰى بَنِيْٓ اِسْرَاۤءِيْلَ فِى الْكِتٰبِ لَتُفْسِدُنَّ فِى الْاَرْضِ مَرَّتَيْنِ وَلَتَعْلُنَّ عُلُوًّا كَبِيْرًا"

"Wa qaḍainā ilā banī isrā'īla fil-kitābi latufsidunna fil-arḍi marrataini wa lata‘lunna ‘uluwwan kabīrā(n)."

 

Yang artinya, "Kami wahyukan kepada Bani Israil di dalam Kitab (Taurat) itu, “Kamu benar-benar akan berbuat kerusakan di bumi ini dua kali dan benar-benar akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar."

Dalam Tafsir Kemenag, disebutkan tentang perilaku sombong Bani Israil yang juga kerap membuat onar dan kerusakan di muka bumi. Allah menganugerahkan kepada Bani Israil kitab Taurat agar menjadi petunjuk, tetapi mereka enggan berpedoman padanya.

Dan telah Allah tetapkan terhadap Bani Israil, yakni anak-cucu Nabi Yakub, melalui wahyu yang diturunkan kepada Nabi Musa yang termaktub dalam kitab Taurat bahwa dipastikan mereka akan membuat kerusakan di muka bumi ini, yakni Baitul Maqdis sebanyak dua kali. Tetapi Allah tidak segera menjatuhkan siksa kepadamu dan dengan demikian pasti kamu akan menyombongkan diri dengan kesombongan yang besar.

Dalam ayat ini dijelaskan Allah telah mewahyukan kepada Musa sebagaimana termaktub dalam Kitab Taurat, bahwa Bani Israel akan membuat keonaran dua kali di bumi Palestina. Sehingga Allah menggerakkan musuh-musuh mereka untuk membunuh, merampas, dan menghancurkan negeri mereka.

Sesudah bertobat, mereka dilepaskan Allah dari kesengsaraan ini, kerajaan mereka dikembalikan, dan dianugerahi kekayaan dan kekuatan, baik dalam bidang harta benda, maupun kekuatan dalam bidang keturunan dan pertahanan negara. Akan tetapi, mereka kembali membuat keonaran, maka Allah mengerahkan kembali musuh-musuh mereka untuk menghancurkannya.

Azab di akhirat...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement