Selasa 12 Dec 2023 23:21 WIB

Kalimat Mengandung Doa yang Diucap Nabi Yunus Saat Kesusahan, Mudah Diikuti

Nabi Yunus membaca doa tersebut untuk menunjukkan komitmennya pasrah kepada Allah.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Erdy Nasrul
Berdoa (Ilustrasi)
Foto: Republika/Wihdan
Berdoa (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sahabat Nabi SAW, Sa'ad bin Abi Waqash RA meriwayatkan hadits tentang kalimat mengandung doa yang dapat menyelamatkan seseorang dari kesulitan. Kalimat ini diucapkan oleh Nabi Yunus saat dirinya ada dalam perut ikan paus.

Dalam hadits itu, Nabi Muhammad SAW bersabda:

Baca Juga

 دعوةُ ذي النُّونِ إذ دعا وهو في بطنِ الحوتِ لا إلهَ إلَّا أنتَ سبحانَك إنِّي كنتُ من الظالمينَ فإنَّه لم يدعُ بها رجلٌ مسلمٌ في شيءٍ قطُّ إلَّا استجاب اللهُ له

"Doa Dzun Nun (Nabi Yunus) saat berada dalam perut ikan adalah, 'Tidak ada ilah selain Engkau. Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim' (QS Anbiya: 87). Sungguh, tidaklah orang muslim berdoa dengannya dalam urusan apa pun, melainkan Allah akan mengabulkan doanya." (HR Tirmidzi)

 

Kalimat tersebut terdiri dari sembilan kata, berikut bunyi lengkapnya:

" لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ، إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ"

 

Laa ilaaha illaa anta subhaa-naka, inni kuntu minadz-dzoolimiin".

"Tidak ada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zhalim".

Kalimat itu ialah doa yang pernah diucapkan oleh Nabi Yunus saat di dalam perut ikan paus. Seketika, Allah SWT mengeluarkan Nabi Yunus dari perut ikan itu dan menyelematkannya dari kesulitan.

Hal tersebut menandakan bahwa dengan mengucapkan kalimat itu, seorang Muslim akan mendapatkan keselamatan dan banyak kebaikan. Seorang Muslim juga perlu ingat bahwa Nabi SAW telah berpesan kepada umatnya tentang pentingnya berdoa. Sebab, doa termasuk ibadah yang paling mulia dan merupakan sarana untuk berkomunikasi dengan Allah SWT.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement