Kamis 16 Nov 2023 07:17 WIB

Langkah Mengajarkan Anak Menyukai Berzikir

Dzikir pagi akan menambah ketenangan hati.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Erdy Nasrul
Sejumlah jamaah berdoa.
Foto:

Faktor dasar yang dapat mendukung sebuah keluarga untuk terbiasa berdzikir adalah dengan mencontohkan dan mempraktikkan. Orang tua dapat mengajak anak ke majelis zikir. Sebab dengan berkumpul bersama orang-orang yang ingin berzikir akan membawa diri ikut berzikir.

Berzikir secara berjamaah telah dilakoni oleh para ulama terdahulu. Sebagaimana Syaikh Ibrahim al Kurani dalam Nasyru zahri fi dzikri bil Jahri telah mendokumentasikan riwayat-riwayat yang menunjukkan bahwa para salafussalih pun berdzikir secara berjamaah.

Zikir adalah simpanan daya dan kekuatan bagi seorang hamba. Sehingga orang yang berzikir tidak akan merasa kehilangan kekuatan, atau sendirian dalam menjalani hidup karena selalu  selalu bersama dengan Allah. 

 

Bagi seseorang yang belum mempunyai guru yang dapat membimbing dan mengajarkan untuk berzikir maka hendaknya memulai dengan zikir-zikir yang dicontohkan Rasulullah SAW sebagaimana dalam yang diriwayatkan dalam hadits-hadits nabi SAW. Selain itu hendaknya seorang hamba juga memperbanyak bersholawat kepada Rasulullah SAW. Dengan cara tersebut Allah akan mempertemukan hamba tersebut dengan guru-guru yang dapat membimbingnya dan keluarganya menjadi orang-orang ahli zikir. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement