Kamis 09 Nov 2023 14:19 WIB

Kerugian tidak Sholat Berjamaah, Mudah Dikuasai Setan

Sholat adalah tiang agama.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Shalat
Foto: dok. Republika
Ilustrasi Shalat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat dikatakan sebagai tiang agama, mengingat betapa pentingnya menegakkan sholat. Karena itu, Allah SWT mewajibkan hamba-Nya untuk mengerjakan sholat.

Sholat bisa dikerjakan sendiri dan bisa dikerjakan berjamaah. Banyak hadits yang menjelaskan keutamaan sholat berjamaah. Hadits di bawah ini menjelaskan kerugian bagi orang yang meninggalkan sholat berjamaah.

Baca Juga

Bagai seekor kambing yang terpisah dari kelompoknya, serigala akan mengincar kambing tersebut. Begitulah gambaran orang yang meninggalkan sholat berjamaah, bagai Muslim yang terpisah dari kelompoknya maka setan akan menguasainya.

Sayyidina Abu Darda' Radhiyallahu 'anhu mengatakan mendengar baginda Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada tiga orang yang tinggal di sebuah kampung atau di suatu padang sahara dan mereka tidak mengadakan sholat berjamaah, kecuali setan akan menguasai mereka. Maka berjamaahlah kalian, sesungguhnya serigala hanya memakan kambing yang terpisah dari kelompoknya. Sesungguhnya serigala bagi manusia adalah setan. Jika ia sendirian, setan akan memangsanya." (HR Imam Ahmad, Abu Dawud, Nasa'i, lbnu Khuzaimah, dan lbnu Hibban, dari Kitab At-Tarqhib)

 

Hadits di atas menjelaskan bahwa meskipun hanya ada tiga orang yang sibuk bekerja di suatu kebun, hendaklah mereka mendirikan sholat berjamaah. Bahkan walaupun hanya ada dua orang, sholat berjamaah lebih baik bagi mereka. 

Pada umumnya para petani... 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement