Rabu 08 Nov 2023 23:40 WIB

Doa yang Diabadikan dalam Alquran Agar Diberikan Kebaikan Dunia Akhirat

Umat Muslim dianjurkan berdoa diberikan kebaikan dunia akhirat

Rep: Rossi Handayani / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa dunia akhirat. Umat Muslim dianjurkan berdoa diberikan kebaikan dunia akhirat
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ilustrasi berdoa dunia akhirat. Umat Muslim dianjurkan berdoa diberikan kebaikan dunia akhirat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kebaikan di dunia dan akhirat dapat diraih Muslim dengan menjalankan ketaatan dan berdoa kepada Rabb semesta alam untuk hal tersebut. 

Doa ringkas dan bersumber langsung dari Alquran ini, bisa menjadi ikhtiar Muslim agar Allah SWT memberikan kebaikan ganda tersebut. Berikut doanya untuk kebaikan dunia dan akhirat atau yang kerap dikenal juga dengan doa saput jagat. 

Baca Juga

رَبَّنَآ اٰتِنَا فِى الدُّنۡيَا حَسَنَةً وَّفِى الۡاٰخِرَةِ حَسَنَةً وَّ قِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana Atina Fid Dunya Hasanah Wa Fil Akhiroti Hasanah Wa Qina Adzaban Naar 

 

“Ya Rabb Kami, berilah Kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah Kami dari siksa neraka.” (QS al-Baqarah ayat 201). 

Ada keutamaan bagi Muslim yang berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala, sedangkan apabila Muslim enggan berdoa kepada-Nya, maka dia akan dimurkai oleh Allah Ta'ala. Rasulullah shallallahu’alaihwasallam menjelaskan: 

” مَنْ لَمْ يَدْعُ اللهَ، غَضِبَ اللهُ عَلَيْهِ “

 “Barang siapa yang tidak berdoa kepada Allah, niscaya Allah akan murka padanya.” (HR Ahmad dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu

Anjuran Doa

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah yang diterbitkan oleh Pustaka Kalbu, menjelaskan, doa adalah senjatanya orang beriman. Setiap kita punya kebutuhan, maka hendaklah manusia berdoa kepada Allah SWT, mohonlah kepada Allah agar keinginan terpenuhi.

Sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah, niscaya Allah SWT akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al-Mumin ayat 60, Allah SWT berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.

Baca juga: Pesan Nabi Muhammad SAW untuk Saudara-Saudara Kita di Palestina 

Buya Alfis Chaniago menjelaskan, janganlah manusia berdoa kepada selain Allah SWT. Karena, tidak ada satu pun yang mengabulkan doa manusia selain Allah SWT. Dalam surat Al Ahqaf ayat 5, Allah SWT berfirman:

وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّن يَدْعُوا۟ مِن دُونِ ٱللَّهِ مَن لَّا يَسْتَجِيبُ لَهُۥٓ إِلَىٰ يَوْمِ ٱلْقِيَٰمَةِ وَهُمْ عَن دُعَآئئِهِمْ غَٰففِلُونَ

“Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahan selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa)-nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?”   

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement