Senin 31 Jul 2023 22:00 WIB

Doa Berserah Diri, Menghimpun Kebaikan Dunia dan Akhirat

Doa ini Menghimpun kebaikan di dunia dan akhirat.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Doa Berserah Diri, Menghimpun Kebaikan Dunia dan Akhirat. Foto:   Berdoa. Ilustrasi
Foto: Thoudy Badai/Republika
Doa Berserah Diri, Menghimpun Kebaikan Dunia dan Akhirat. Foto: Berdoa. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Salah satu doa yang dapat dipanjatkan kaum muslimin yakni permohonan berserah diri kepada Allah ﷻ. Doa ini Menghimpun kebaikan di dunia dan akhirat.

Dikutip dari buku Syarah Doa-Doa Pilihan Terbaik oleh Abdurrazzaq bin Abdulmuhsin Al-Badr dengan penerjemah Muhammad Afif Naufaldi bin Ali, Ibnu `Abbas radhiyallahu anhu meriwayatkan bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم biasa berdoa (HR. Muslim):

Baca Juga

اللَّهُم لَكَ أسْلَمْتُ وبِكَ آمنْتُ، وعليكَ توَكَّلْتُ، وإلَيكَ أنَبْتُ، وبِكَ خاصَمْتُ. اللَّهمَّ أعُوذُ بِعِزَّتِكَ، لا إلَه إلاَّ أنْتَ أنْ تُضِلَّنِي أنْت الْحيُّ الَّذي لاَ تمُوتُ، وَالْجِنُّ وَالإِنْسُ يمُوتُونَ

“Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa `alaika tawakkaltu wa ilayka anabtu wa bika khaashamtu. 

Allaahumma innii a`udzu bi-`izzatika laa ilaaha illaa 

Anta an tudhillanii. Anta-l Hayyu-lladzii laa yamuut,  wa-l jinnu wa-l insu yamuutuun.”

(Ya Allah! Hanya kepadaMu diriku berserahdiri, hanya denganMu aku beriman, hanya kepadaMu aku bertawakal, hanya kepadaMu aku kembali, dan hanya denganMu aku membela diri. Ya Allah! Aku berlindung dengan keperkasaanMu, tiada Tuhan Yang berhak disembah selain Engkau, agar jangan sampai Engkau menyesatkanku. Engkaulah Yang Mahahidup Yang tidak akan mati, sementara manusia dan jin pasti akan mati)

Doa ini sangatlah agung, faedah-faedahnya tak terbatas dan tak terhingga. Ia telah menghimpun seluruh kebaikan dunia dan Akhirat. Selain itu, doa ini juga mengandung penjelasan akan pengaruh besar keimanan kepada nama-nama dan sifat-sifat Allah Subhanahu wa Ta'ala yang mahatinggi terhadap implementasi peribadahan kepadaNya, serta mewujudkan keselamatan dari kesesatan atau penyimpangan dari jalan Allah yang lurus dan agama-Nya yang murni.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement