Senin 31 Jul 2023 19:28 WIB

Ingin Dijauhkan dari Kejahatan yang tak Terduga? Amalkan Doa Berikut Ini

Kejahatan bisa dihindari atas izin Allah SWT melalui doa

Rep: Andrian Saputra / Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi berdoa dijauhkan dari kejahatan. Kejahatan bisa dihindari atas izin Allah SWT melalui doa
Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER
Ilustrasi berdoa dijauhkan dari kejahatan. Kejahatan bisa dihindari atas izin Allah SWT melalui doa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Tindak kejahatan seringkali terjadi tanpa diduga-duga. Kadang kejahatan itu bisa berupa kejahatan fisik seperti mencuri, memukul, dan lainnya. 

Ada juga kejahatan verbal seperti menghina, fitnah, mencaci dan lainnya. Bahkan ada juga kejahatan yang bersifat batin yang melibatkan dukun dan jin.

Baca Juga

Oleh karena itu hendaknya terus memohon kepada Allah agar dijauhkan dari setiap kejahatan baik yang nampak maupun yang tersembunyi. Selain itu memohon agar didekatkan dengan berbagai kebaikan.  

Berikut doa meminta kebaikan dan menolak kejahatan sebagaimana kitab Khulashoh fi Adzkarin Wa Ad'iyatin Waaridatin Wa Matsuratin yang disusun Habib Umar bin Muhammad bin Salim Al Hafidz.

اللَّهُمَّ هَبْ لَنَا وَلَهُمْ كُلُّ خَيْرٍ عَاجلٍ وَآجِل ظَاهِرٍ وَبَاطِنٍ أَحَاطَ بِهِ عِلْمُكَ فِي الدِّينِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَاصْرِفْ وَارْفَعْ عَنَّا وَعَنْهُمْ كُلَّ سُوءٍ عَاجِلٍ وَآجِلٍ ظَاهِرٍ وَبَاطِنٍ أَحَاطَ بِهِ عِلْمُكَ فِي الدِّينِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ يَا مَالِكَ الدِّينِ وَالدُّنْيَا وَالْآخرة. 

Allahumma hab lanaa walahum kulla khoiron 'ajilin wa aajilin dzohirin wa batinin ahatho bihi ilmukanfiyddini waddunnya wal aakhiroti washrif warfa' 'anna wa'anhum kulla suuin 'aajilin wa aajilin dzohirin wa batinin wa hatho bihi 'iomuka fiyddiyni waddunnya wal aakhiroti ya maalikad diyni waddunnya wal aakhiroti. 

Artinya: “Ya Allah, berilah kami dan mereka semua segala kebaikan, sekarang dan yang akan datang, yang tampak dan tersembunyi, dari apa yang meliputi pengetahuan Engkau, dalam agama kami, kehidupan kami, dan di akhirat. Dan singkirkan dan alihkan dari kami dan mereka segala macam kejahatan, sekarang dan yang akan datang, tampak dan tersembunyi, dari apa yang meliputi pengetahuan Engkau, dalam agama kami, kehidupan kami dan di akhirat. Wahai Pemilik agama, kehidupan dunia ini dan akhirat.” 

Baca juga: Ketika Kabah Berlumuran Darah Manusia, Mayat di Sumur Zamzam, dan Haji Terhenti 10 Tahun

Sementara itu, umat Islam sangat dianjurkan untuk memperbanyak doa kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman sebagai berikut:

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيبٌ ۖ أُجِيبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِيييي لَعَلَّهُممْ يَرْشُدُون

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran” (QS Al Baqarah ayat 186). 

Sebanyak apa pun kebutuhan manusia, mintalah kepada Allah, niscaya Allah akan mengabulkan doa hamba-Nya. Dalam surat Al Mu'min ayat 60, Allah berfirman:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ  

Dan Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina-dina."         

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement