Rabu 08 Nov 2023 15:51 WIB

Hakim Adil Kelak Mendapat Derajat Tinggi di Sisi Allah, Asal...

Jangan sampai karena kepentingan sekelompok orang memutuskan perkara secara sepihak.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Palu hakim (Ilustrasi).
Foto:

Maka dari itu seseorang hakim harus adil. Jangan sampai karena kepentingan sekelompok orang lalu memutuskan suatu perkara secara sepihak. Maka ketidak adilan akan mengantarkan pada neraka.

وَقَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  : مَامِنْ أَحَدٍ يَكُوْنُ عَلَى شَىْءٍ مِنْ أُمُوْرِ هَذِهِ الْاُمَّةِ فَلَمْ يَعْدِلْ فِيْهِمْ اِلَّا كَبَّهُ اللَّهُ فِى النَّارِ. 

Rasulullah Saw bersabda, “Tidak seorang pun yang diserahi urusan umat ini, lalu tidak berlaku adil kepada umat kecuali Allah pasti menjerumuskannya ke dalam neraka.” (HR. Thabarani.

Oleh karenanya ada syarat-syarat yang ketat yang harus dipenuhinya seseorang yang menjadi hakim. Tentang syarat-syarat menjadi hakim ini para ulama terdapat perbedaan pendapat tentang jumlahnya. 

Topo Santoso dalam buku Membumikan Hukum Pidana Islam: Penegakan Syariat dalam Wacana dan Agenda menjelaskan Al Khatib mengajukan 15 syarat menjadi hakim. Sedangkan Al Mawardi dan Ibnu Qudamah mengajukan 7 syarat menjadi hakim. Sedangkan Murtaza Azad bahkan menyebut sebagian ahli fiqih mengenal 30 syarat bagi seseorang agar bisa menjadi qadhi. 

Secara ringkas dapat diambil...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement