Rabu 18 Oct 2023 18:57 WIB

Neraka Bagi Hakim yang Menangkan Kezaliman dari Keadilan

Islam mengingatkan hakim harus berlaku adil.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Palu hakim (Ilustrasi).
Foto: EPA
Palu hakim (Ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Imam Abu Dawud Sulaiman bin Al Asy'ats As Sijistani meriwayatkan sebuah hadits Nabi Muhammad SAW tentang balasan bagi hakim yang adil dan zalim. 

Sebagaimana ajaran agama Islam, hakim yang adil akan mendapatkan pahala. Sebaliknya, hakim yang zalim akan mendapatkan dosa. Zalim dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia artinya bengis, tidak menaruh belas kasihan, tidak adil, kejam, menindas, menganiaya, dan berbuat sewenang-wenang.

Baca Juga

حَدَّثَنَا عَبَّاسٌ الْعَنْبَرِيُّ حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ يُونُسَ حَدَّثَنَا مُلَازِمُ بْنُ عَمْرٍو حَدَّثَنِي مُوسَى بْنُ نَجْدَةَ عَنْ جَدِّهِ يَزِيدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ وَهُوَ أَبُو كَثِيرٍ قَالَ حَدَّثَنِي أَبُو هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ طَلَبَ قَضَاءَ الْمُسْلِمِينَ حَتَّى يَنَالَهُ ثُمَّ غَلَبَ عَدْلُهُ جَوْرَهُ فَلَهُ الْجَنَّةُ وَمَنْ غَلَبَ جَوْرُهُ عَدْلَهُ فَلَهُ النَّارُ

Abu Hurairah dari Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, beliau bersabda, "Siapa pun yang menginginkan untuk menjadi hakim, kemudian keadilannya mengalahkan kezalimannya maka baginya surga, dan siapa pun yang kezalimannya mengalahkan keadilannya maka baginya neraka" (HR Abu Daud).

 

Dalam hadits tersebut dijelaskan bahwa hakim yang zalim akan mendapatkan balasan neraka, sementara hakim yang adil akan mendapatkan balasan surga.

Sebagaimana diketahui, hakim dalam pengadilan di dunia bisa memutuskan siapa yang benar dan siapa yang salah. Sehingga hakim memiliki pilihan, memutuskan yang benar tetap benar dan memutuskan yang salah tetap salah, atau memutuskan yang salah menjadi benar dan yang benar menjadi salah. 

Untuk itu, agama Islam telah mengingatkan dan mengharuskan agar seorang hakim berlaku adil. Peringatan tersebut disertai dengan ancaman dan kabar gembira, yakni hakim yang adil akan mendapatkan balasan surga dan hakim yang zalim akan mendapatkan neraka.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement