Rabu 01 Nov 2023 21:15 WIB

Marak Kasus Cacar Monyet, Baca Doa Ini Agar tidak Tertular

Setiap Muslim harus memperbanyak doa untuk menenangkan hati.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berdoa (ilustrasi)
Foto: onislam.net
Ilustrasi berdoa (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus cacar monyet atau monkeypox (mpox) sedang marak terjadi di Indonesia. Hingga Selasa (31/10/2023), Kementerian Kesehatan RI mengungkapkan sudah ada 29 kasus terkonfirmasi cacar monyet di Indonesia.

Cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Monkeypox. Untuk mencegah penularan penyakit ini, penting untuk menjaga kebersihan, menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi membawa virus, dan mengikuti petunjuk kesehatan yang disarankan oleh otoritas kesehatan.

Baca Juga

Untuk melindungi diri dari cacar monyet, sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mengikuti langkah-langkah pencegahan. Selain itu, penting juga untuk membaca doa agar terhindar dari penyakit menular ini.

Di tengah maraknya kasus cacar monyet ini, masyarakat tidak perlu terlalu panik dalam menyikapi keadaan. Di samping berikhtiar, masyarakat Indonesia hendaknya banyak berdoa kepada Allah SWT. Karena, Allah telah memerintahkan hamba-hamba-Nya untuk selalu bermunajat hanya kepada-Nya.

Berikut adalah contoh doa yang dapat dibaca aga terhindar dari penyakit cacar monyet:

.اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit yang buruk.”

Doa tersebut bersumber dari hadis riwayat Abu Dawud dengan sanad yang sahih. Berikut redaksi haditsnya:

وَعَنْ أَنَسٍ – رَضِيَ اللهُ عَنْهُ – أَنَّ النَّبِيَّ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كَانَ يَقُوْلُ : (( اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ ، وَالجُنُونِ ، والجُذَامِ ، وَسَيِّيءِ الأسْقَامِ )) . رَوَاهُ أَبُو دَاوُدَ بِإِسْنَادٍ صَحِيْحٍ

Wa an annas radhiyallahu anhu an nabiya shallahu allahi wasallam, kana yaqulu, Allahumma innii a'uudzu bika minal baroshi wal junuuni wal judzaami wa min sayyi-il asqoom

Artinya: "Dari Anas radhiyallohu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa, ‘Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit lain yang mengerikan’,” (HR Abu Daud dengan sanad shahih).

Adapun yang dimaksud dengan sayyiil asqoom dalam teks doa tersebut adalah berbagai ragam penyakit yang dapat menimbulkan keburukan bagi manusia, termasuk penyakit cacara monyet.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement