Rabu 01 Nov 2023 14:09 WIB

Baca Doa Ini Agar Dijauhkan dari Kebakaran

Rasulullah pun menganjurkan untuk membaca zikir saat terjadi kebakaran.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Kebakaran melanda rumah lansia yang bekerja sebagai buruh harian lepas di Dusun Kliwon, Desa Bandorasa Kulon, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.
Foto: Dok Damkar Kuningan
Kebakaran melanda rumah lansia yang bekerja sebagai buruh harian lepas di Dusun Kliwon, Desa Bandorasa Kulon, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musim kemarau masih melanda Indonesia hingga beberapa wilayah mengalami kekeringan bahkan terjadi kebakaran. Sebagai Muslim hendaknya selalu berdoa agar terhindar dari musibah baik kekeringan maupun kebakaran.

 

Baca Juga

Berikut doa dan zikir yang dapat dipanjatkan untuk menghindari musibah termasuk musibah kebakaran sebagaimana disebut dalam Kitab Al Adzkar Imam An Nawawi.

 

 

Kami telah meriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni, dari Anas bin Malik ra., dia berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda: Tidaklah Allah swt. menganugerahkan kenikmatan kepada seorang hamba dalam hal keluarga, harta benda, dan keturunan, sehingga dia mengucapkan: "'Segalanya atas kehendak Allah, tidak ada kekuatan selain milik Allah, lalu mendapatkan bencana selain kematian.

Demikian juga ketika telah terjadi kebakaran, Rasulullah pun menganjurkan untuk membaca zikir. Kami telah meriwayatkan dalam kitab Ibnu Sunni, dari Amru bin Syu'aib dari bapaknya, dari kakeknya ra., bahwa dia berkata: "Rasulullah saw. bersabda: 'Jika kalian melihat kebakaran, maka bacalah takbir, karena bacaan takbir dapat memadamkannya."

Disunnahkan juga membaca doa-doa yang dibaca ketika dalam keadaan susah terutama bagi mereka yang telah mendapat musibah kebakaran. 

Firman Allah SWT...

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement