Sabtu 28 Oct 2023 15:27 WIB

Puasa yang Mengikis Akhlak Tercela, ini Penjelasannya

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan para nabi dahulu.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi berpuasa.
Foto: Republika/Mardiah
Ilustrasi berpuasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat islam dianjurkan menjalankan puasa sunnah ayyamul bidh pada 13, 14, 15 setiap bulan dalam kalender hijrah. Puasa sunnah Ayyaamul Bidh tanggal 13 ,14 dan 15 Rabiul Akhir 1445 H kali ini bertepatan pada Sabtu (28/10/2023), Ahad (29/10/2023) dan Senin (30/10/23).

Seperti dikutip dari Catatan Fikih Puasa Sunnah, keutamaan puasa ayyamul bidh tergambarkan dalam hadits-hadits yang berbicara tentang keutamaan berpuasa tiga hari dalam setiap bulan, di antaranya : 

Baca Juga

1. Nilainya seperti berpuasa setahun penuh.

Karena satu kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh. Tiga hari berpuasa sunnah berarti pahala tiga puluh hari (sebulan). Nabi Muhammad ﷺ bersabda,

صَوْمُ ثلاثةِ أيامٍ صَومُ الدَّهرِ كُلِّه

“Puasa sebanyak tiga hari di setiap bulan pahalanya seperti puasa setahun penuh.” HR. Al-Bukhari (1979)

2. Merupakan wasiat Rasulullah ﷺ kepada sahabat.

Abu Hurairah radhiyallahu anhu berkata,

أَوْصَانِي خَلِيلِي بثَلَاثٍ لا أدَعُهُنَّ حتَّى أمُوتَ: صَوْمِ ثَلَاثَةِ أيَّامٍ مِن كُلِّ شَهْرٍ، وصَلَاةِ الضُّحَى، ونَوْمٍ علَى وِتْرٍ

“Kekasihku (Rasulullah ﷺ) mewasiatkan padaku) kepadaku tiga amalan yang aku tidak akan meninggalkannya hingga mati; berpuasa tiga hari setiap bulannya, mengerjakan shalat dhuha, melaksanakan shalat witir sebelum tidur.” HR. Al-Bukhari (1178)

Semisal ini juga ada dari sahabat Abud Darda' radhiyallahu anhu riwayat Muslim (722).

3. Dapat menghilangkan beragam penyakit di hati, seperti hasad, dendam, dan waswas.

Rasulullah ﷺ bersabda,

صوم شهر الصبر وثلاثة أيام من كل شهر يذهبن وحر الصدر 

"Berpuasa pada bulan sabar (Ramadhan) dan tiga hari setiap bulan, bisa menghilangkan wahr di dada." - SHAHIH- (Shahih al-Mawarid, 785) HR. Ahmad(23070) dan Al-Bazzar (1057)

Dalam an-Nihayah (V/160) diterangkan, bahwa makna wahr ialah, tipu daya, dengki, dendam, dan was-was. Jadi maknanya, puasa yang benar akan dapat menghilangkan penyakit-penyakit ini dari hati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement