Rabu 25 Oct 2023 02:05 WIB

Inilah Siksa Paling Ringan di Neraka Menurut Nabi Muhammad

Nyala api neraka itu sungguh luar biasa dan sangat dahsyat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Infografis Tujuh Golongan yang Selamat Saat Hari Kiamat
Foto:

Apalagi, diterangkan bahwa nyala api neraka itu sungguh luar biasa dan sangat dahsyat. Nyala api, gejolak, dan panas di dalam neraka telah banyak dijelaskan di dalam Alquran dan hadits.

Dalam hadits diterangkan,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ نَارُكُمْ هَذِهِ الَّتِي تُوقِدُونَ جُزْءٌ وَاحِدٌ مِنْ سَبْعِينَ جُزْءًا مِنْ حَرِّ جَهَنَّمَ قَالُوا وَاللَّهِ إِنْ كَانَتْ لَكَافِيَةً يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ فَإِنَّهَا فُضِّلَتْ بِتِسْعَةٍ وَسِتِّينَ جُزْءًا كُلُّهُنَّ مِثْلُ حَرِّهَا. رواه الترميذى

Dari Abu Hurairah dari Nabi SAW, beliau bersabda: “Api kalian ini yang kalian gunakan untuk membakar adalah salah satu bagian dari tujuh puluh bagian panasnya api neraka.”

Mereka bertanya, “Demi Allah, apabila api ini sungguh sudah cukup (panas untuk mengadzab orang yang bermaksiat, lalu mengapa harus ditambah panasnya) wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab: “Panasnya api neraka melebihi (panasnya api dunia) sembilan puluh sembilan bagian. Semua bagian api (yang berjumlah sembilan puluh sembilan) panasnya adalah seperti panas api neraka.”

photo
Infografis Jarak Waktu Tiupan Sangkakala Malaikat Israfil. Ilustrasi kiamat - (Republika.co.id)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement