Selasa 17 Oct 2023 23:27 WIB

Temuan Arkeologis Barat Ini Kuatkan 15 Fakta Kerajaan Saba yang Dikisahkan Alquran

Kaum Saba dikenal sebagai kaum yang mempunyai peradaban tinggi.

Bendungan (ilustrasi). Kaum Saba dikenal sebagai kaum yang mempunyai peradaban tinggi
Foto:

5. Karena itu, Saba dikenal pula dengan sebutan Ma'rib yang berarti air melimpah. Beberapa aliran air berkumpul menjadi satu di satu lembah yang terdapat di sekitarnya. Dari lembah itu pula, penduduk negeri itu mengambil air dan menyirami kebun-kebun mereka.

Dari perkebunan ini, Saba menjadi pusat perdagangan. Daerah atau kota yang berada di sekitarnya, banyak membeli hasil perkebunan dari Saba dan kemudian memasarkannya ke negara atau daerah lain. Sumber-sumber sejarah menceritakan, Saba memiliki sebuah kebudayaan seperti Phoenician, khususnya dalam kegiatan perdagangan.

6. Bendungan Ma'rib merupakan salah satu monumen terpenting dari kaum Saba. Konsep dan konstruksi bendungan Ma'rib ini merupakan indikasi penting yang menunjukkan tingkatan teknologi kaum Saba.

Kekayaan sumber daya alam dan tingginya teknologi yang dibuat kaum Saba diakui sejumlah ahli tafsir, seperti al-Qurthubi, al-Maraghi, dan Abdullah Yusuf Ali.

7. Sumber daya alam yang melimpah dan kegemilangan peradabannya membuat kaum Saba menjadi sombong, ingkar terhadap nikmat yang diberikan, dan mendustakan utusan Allah (Rasul).

photo
Infografis Berapa Tahun Diturunkannya Alquran - (Republika)

Atas perbuatan mereka ini, Allah pun menimpakan azab berupa banjir besar akibat jebolnya bendungan Ma'rib yang mewah itu. Banjir besar itu dalam Alquran disebut dengan Sail al-Arim. Sail al-Arim berarti air yang meluap (melimpah) atau banjir besar. Menurut ahli sejarah, banjir itu terjadi sekitar tahun 120 M, atau dua abad setelah zaman Ratu Balqis.

8. Peristiwa banjir besar yang menimpa kaum Saba itu telah terjadi sekitar 20 abad silam. Kini, sejumlah bukti-bukti kegemilangan dan bendungan yang dibangun kaum Saba masih dapat ditemukan di daerah Yaman.

9. Harun Yahya, dalam situsnya tentang Bangsa-Bangsa Musnah, menyebutkan ketinggian dari bendungan Ma'rib mencapai 16 meter (m), lebar 60 m, dan panjang 620 m. Berdasarkan perhitungan, total wilayah yang dapat dialiri oleh bendungan ini mencapai 9.600 hektare, terdiri atas 5.300 hektare dataran bagian selatan bendungan dan 4.300 hektare bagian dataran sebelah barat.

Baca juga: Gaza Masih Memanas, Baca Doa Qunut Nazilah ini Agar Allah SWT Lindungi Palestina

10. Menurut Ensiklopedia Islam, dua dataran ini dihubungkan sebagai 'Ma'rib dan dua dataran tanah' sebagaimana disebutkan dalam prasasti Saba. Ungkapan dalam Alquran yang menyebutkan 'dua buah kebun di sisi kanan dan kiri' menunjukkan akan luasnya perkebunan yang terletak di kedua lembah ini.

11. Peneliti asal Prancis J Holevy dan Glaser dari Austria membuktikan, berdasarkan dokumen tertulis, bendungan Ma'rib telah ada sejak zaman kuno.

Temuan arkeologis dan juga catatan sejarah membenarkan apa yang dicatat dalam Alquran. Sebagaimana disebutkan dalam surah Saba ayat 15-17, mereka tidak mau mendengarkan peringatan dari Nabi mereka dan mengingkari nikmat yang telah diberikan.

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement